Kata AHY soal Pilkada Jakarta Pasca Putusan MK: Kita Tidak Boleh Anggap Remeh

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta, VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan bahwa pihaknya bersiap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di Pilkada Jakarta.

AHY Sidang Disertasi Doktor di Unair Diuji Eks Menteri SBY, Dapat Nilai A Plus

Demokrat sendiri diketahui telah mengusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. Selain itu, ada pasangan independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang akan maju. Namun, usai Mahkamah Konstitusi menerbitkan putusan 60/2024, PDIP yang awalnya tidak dapat mengusung calon kepala daerah, kini bisa mencalonkan sendiri.

"Kita tidak boleh menganggap remeh situasi apapun dalam Pilkada. Dalam kompetisi politik, apapun bisa terjadi. Anything can happen. Jadi kita harus bersiap yang terburuk, tapi juga berharap yang terbaik. Itulah semangat kita," ujar AHY dalam konferensi pers di DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Agustus 2024.

AHY: Sidang Kabinet di IKN Bahas Transisi Kepemimpinan

Ketua Umum Partai Demokrat AHY (Doc: Natania)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Selain itu, AHY berharap bahwa siapapun yang akan melawan Ridwan Kamil, KIM Plus harus tetap mempersiapkan diri sebaik mungkin. AHY menggarisbawahi agar KIM Plus memberikan dukungan penuh dan bekerja sama secara baik, sehingga kans kemenangan juga tidak akan kemana-mana.

Sidang Kabinet di IKN Juga Bahas Transisi Kepemimpinan dari Jokowi ke Prabowo Subianto

AHY pun menyambut baik putusan MK yang berpotensi menciptakan kandidat dan koalisi baru di Pilkada Jakarta.

"Artinya kembali ruang demokrasi terbuka. Dan menurut kami, ketika itu terjadi, saya rasa yang penting berapa pun pasangan calon, berapa pun koalisi yang terbentuk, bukan hanya DKI Jakarta, tapi di mana-mana, di seluruh Indonesia, asalkan kita bisa menjamin demokrasi ataupun Pilkadanya berjalan dengan demokratis, dengan jujur dan adil serta terbuka, saya rasa ini baik untuk rakyat," ujar AHY. 

Sebelumnya, AHY mengatakan bahwa partainya tetap tegak lurus pada Mahkamah Konstitusi (MK). 

Hal itu disampaikan AHY di tengah situasi politik yang memanas akibat Revisi Undang-undang (RUU) Pilkada, yang sebelumnya batal disahkan oleh Baleg DPR.

"Partai Demokrat terus memantau situasi yang terjadi, terus mendengarkan suara rakyat termasuk para mahasiswa dan berbagai elemen yang menyuarakan suaranya hari ini. Oleh karena itu Partai Demokrat selama tiga hari ini benar-benar serius mengawal perkembangan situasi, bahkan dikatakan setiap hari kami melakukan rapat-rapat terbatas," katanya.

"Partai Demokrat konsisten menjaga konstitusi kita. Oleh karena itu kami mendukung agar KPU bisa segera mengeluarkan PKPU yang tentunya berjalan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi, saya ulangi, yang berjalan dengan keputusan MK," tambah AHY.

Ketum Demokrat itu lantas menegaskan bahwa dirinya telah mewanti-wanti para anggotanya yang berada di bangku DPR agar mengawal dan menjaga sikap.

"Partai Demokrat di DPR RI dan jajaran yang terkait agar mengawal dan menjaga sikap, serta posisi Demokrat yang tentunya segaris dengan kehendak rakyat Indonesia," ungkap AHY.

Selain itu, AHY juga meminta agar Pilkada yang akan berjalan ini dilakukan secara damai, jujur, adil dan demokratis.

"Kami bersama dengan elemen dan komponen bangsa lainnya berharap untuk menyukseskan Pilkada yang damai, demokratis, jujur, dan adil. Ini adalah pandangan dan sikap yang jelas dari Partai Demokrat."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya