Rekam Jejak dan Kinerja Terbukti Jelas, Khofifah-Emil Dominasi Dukungan di Pilgub Jatim

Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Jelang Pilgub Jawa Timur (Jatim), gelombang dukungan mengalir untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Listianto Dardak. Duet Khofifah-Emil meraup banyak dukungan karena kinerja sudah jelas terbukti.

Pakar: Khofifah Tak Bisa Digoyahkan, Cagub dengan Akar Rumput Kuat di Muslimat

Pengamat Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jawa Timur Singgih Manggalou menganalisa, dukungan yang berdatangan itu tak lepas melihat karena kinerja apik Khofifah-Emil dalam memimpin Jatim di periode pertama. 

Dia mengatakan sejauh ini belum ada penantang kuat untuk menghadapi Khofifah-Emil. 

Kepemimpinan Khofifah Dinilai Beri Dampak Positif Majukan Jatim

"Untuk penantangnya ini mangkanya masih belum jelas Pilgub Jatim karena belum ada yang berani melawan dominasi ibu khofifah maupun Emil," kata Singgih, Jumat, 23 Agustus 2024.

Khofifah-Emil Dardak Bertemu Presiden PKS

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Eri Cahyadi Ajak Warga Jatim Pilih Pemimpin Berakhlak saat Bersama Khofifah dan Gus Iqdam

Dia bilang saat menjabat Gubernur Jatim, Khofifah menelurkan beberapa program pro kerakyatan. Ia menekankan program itu dinilai berhasil menyasar masyarakat kecil di daerah. 

Menurut dia, kekuatan Khofifah bersama Emil Dardak sebagai petahana masih sangat tangguh bertarung di Pilgub mendatang.

Kemudian, Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat ini dinilai makin diunggulkan berbagai kalangan. Pasangan Khofifah-Emil jadi favorit unggulan karena rekam jejak dan kinerja dalam memimpin Jatim yang sukses di periode pertama. 

"Dengan kondisi sedemikian rupa saja ibu Khofifah sudah menang. Nah sekarang sudah menjadi gubernur otomatis lebih kuat lagi secara politik," katanya.

Salah satu kebijakan Khofifah saat jabat Gubernur Jatim yakni program Jatim Cerdas dari Nawa Bhakti Satya yang digagasnya. Khofifah juga telah mengalokasikan anggaran pendidikan dari APBD kepada 4000 lebih Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa. 

Dalam dinamikanya, sudah lebih dari tujuh partai politik yang melabuhkan dukungan untuk Khofifah-Emil maju Pilgub Jatim 2024.

Deretan parpol itu adalah Golkar, PAN, Demokrat, Gerindra, PPP, PSI, dan Perindo. Selain itu, ada juga PKS dan Nasdem yang ikut siap usung Khofifah-Emil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya