Jadi Bakal Cagub Jateng, Komjen Luthfi Ngaku Belum Mundur dari Polri: Tunggu Tanggal Mainnya

Ahmad Luthfi dan Taj Yasin usai dapat surst rekomendasi dukungan dari Partai Gerindra
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Komjen Pol Ahmad Luthfi sudah resmi menerima surat rekomendasi dari Partai Gerindra untuk maju di Pilgub Jawa Tengah 2024. Luthfi buka suara soal waktu mundur dari Polri.

Gerindra Lombok Barat Turun Tangan Bantu Bocah 4 SD yang Rawat Ayah Pengidap Kanker

Luthfi merupakan perwira tinggi Polri dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) di Kementerian Perdagangan.

Luthfi juga sudah diberikan surat dukungan dari Partai Gerindra untuk maju di Pilgub Jateng bersama dengan Taj Yasin.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Namun, Luthfi tak menjawab dengan tegas saat ditanya soal mundurnya dari Polri. Dia mengatakan belum resmi mendafatarkan diri.

"Kalau peraturannya kan setelah ada penetapan paslon baru bisa mengundurkan diri. Belum. Daftar aja belum," ujar Luthfi di Jakarta Selatan pada Jumat 23 Agustus 2024.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi adik ipar Presiden Jokowi, Arif Budi Sulistyo temui relawan Sekber Solo Raya di The Sunan Hoteol, Solo, Minggu, 28 Juli 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Luthfi bilang ia baru saja akan mendaftarkan diri untuk Pilgub Jateng pada Kamis 29 Agustus 2024 pekan depan.

"Tanggal 29 baru daftar. Nanti setelah kita daftarkan, ini baru satu rekomendasi. Jadi B1 KWK baru satu," lanjut eks Kapolda Jateng itu. 

"Nanti tunggu tanggal mainnya setelah dari beberapa partai akan mengusung kita," ujarnya.

Sebelumnya, Gerindra resmi mengusung sejumlah pasangan bakal calon kepala daerah dan calon wakilnya untuk Pilkada 2024. Pasangan cagub dan cawagub yang diusung  Gerindra itu di antaranya yakni Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Adapun surat rekomendasi berupa pemberian B1KWK Partai Gerindra diberikan secara langsung oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Ia menyebut surat rekomendasi yang diberikan itu sudah ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Acara hari ini adalah acara penyerahan rekomendasi dan formulir B1 KWK untuk calon gubernur dan wakil gubernur yang sudah ditandatangani oleh Pak Prabowo," ujar Muzani kepada wartawan di DPP Gerindra, Jakarta Selatan pada Jumat 23 Agustus 2024.

Para calon kepala daerah dan calon wakilnya yang diusung Partai Gerindra di antaranya yakni Bobby Nasution-Surya di Sumatra Utara, dan DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono.

Kemudian, Gerindra mengusung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen di Pilgub Jateng. Gerindra memberikan surat rekomendasi ke Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di Pilgub Jatim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya