Survei: Elektabilitas Airin Tertinggi untuk Cagub Banten, Arief Wismansyah Teratas di Cawagub

Ilustrasi Pemilu 2024.
Sumber :
  • VIVA

Jakarta, VIVA - Survei Alvara Strategi Indonesia merilis hasil terbarunya terkait elektabilitas figur yang dijagokan maju di Pilgub Banten 2024. Nama Airin Rachmi Diany meraih elektabilitas tertinggi.

Ikut Pilgub, Ade Sumardi Tidak Mundur dari Anggota DPRD Banten Terpilih 2024

Menurut hasil survei Alvara, Airin yang merupakan politikus Partai Golkar itu meraup elektabilitas tertinggi mencapai 46,8 persen. Selanjutnya, diikuti oleh Arief Wismansyah 24,1 persen di urutan kedua.

Chief Research Officer Alvara Strategi Indonesia Harry Nugroho menuturkan untuk posisi tiga ada ada eks Gubernur Banten Rano Karno dengan elektabilitas 8,7 persen. Sementara, Andra Soni yang memiliki dukungan partai politik terbanyak meraih elektabilitas sebesar 6,4 persen.

Beda Ekspresi Airin Terima SK Maju Pilgub Banten dari Megawati dan Bahlil Jadi Sorotan

Lalu, dalam survei juga merilis elektabilitas yang layak jadi Wakil Gubernur Banten. Figur Arief Wismansyah jadi yang tertinggi sebesar 28,9 persen.

Pemungutan suara atau pencoblosan di pemilu. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Airin Diusung PDIP di Pilkada Banten, Padahal Dulunya Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran

Kemudian, ada Achmad Dimyati Kusumah yang sudah berpasangan dengan Andra Soni sebesar 7,3 persen. Berikutnya, ada Ade Sumardi dengan 2,3 persen.

"Untuk elektabilitas calon Gubernur Banten nama Airin Rachmi Diany memperoleh angka yang paling tinggi. Sementara, untuk  calon Wakil Gubernur nama Arief Wismansyah tertinggi dibanding nama calon Wakil Gubernur yang sudah mendapatkan tiket dari partai politik," kata Harry Nugroho kepada awak media, Jumat, 23 Agustus 2024.

Harry menjelaskan survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan telesurvei. Survei melibatkan 815 responden berusia 17 tahun ke atas. 

Adapun survei digelar dalam rangka mengukur elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur di Provinsi Banten.

"Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error ±3,43 persen. Survei dilaksanakan pada 13-19 Agustus 2024 di Provinsi Banten," jelas Harry. 

Menurut dia, Alvara Strategi Indonesia juga melakukan survei pasangan cagub dan cawagub Banten. Simulasi survei itu antara Airin berduet dengan Arief dan Andra berpasangan dengan Dimyati. 

Hasilnya duet Airin Arief unggul dengan 72,4 persen. Sementara, Andra Dimyati memperoleh elektabilitas 11,3 persen.

Dalam dinamikanya, seluruh bakal calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Banten sudah melakukan sosialisasi hampir di semua wilayah Banten. Salah satunya Ketua DPD PDI Perjuangan Ade Sumardi yang aktif memasang baliho dan melakukan pertemuan dengan warga.

Dari survei, nama Airin dan Arief yang sementara jadi kandidat paling berhasil mengambil hati warga dengan elektabilitas tertinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya