Pakai Kemeja Biru, Jokowi hingga Gibran Hadiri Kongres ke-6 PAN

Presiden Jokowi menghadiri kongres PAN ke-6
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Kongres ke-6 Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, pada Jumat, 23 Agustus 2024 malam.

AHY: Sidang Kabinet di IKN Bahas Transisi Kepemimpinan

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, Jokowi tiba di lokasi acara sekitar pukul 18.57 WIB. Jokowi tampak mengenakan kemeja berwarna biru untuk menghadiri acara tersebut.

Kedatangan Jokowi disambut langsung Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan alias Zulhas. Keduanya pun berjalan beriringan memasuki lokasi acara.

Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana IKN Besok

Presiden Jokowi menghadiri kongres PAN ke-6

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Sementara itu, sebelumnya juga tampak hadir Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

Selain itu, beberapa pimpinan partai politik (parpol) juga ikut hadir dalam acara Kongres ke-6 PAN. Mereka di antaranya Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Harian DPP Partai Golkar Sufmi Dasco Ahmad.

Sebelumnya diberitakan, Zulkifli Hasan alias Zulhas dipastikan akan kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) secara aklamasi dalam Kongres PAN yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat pada 23-24 Agustus 2024.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan Zulhas telah menandatangani surat untuk kembali maju sebagai Ketum PAN periode 2024-2029. Proses penandatanganan tersebut dilakukan di rumah dinas Zulhas di kompleks Widya Chandra, Jakarta, Jumat, 23 Agustus. 

"Bang Zulhas telah tanda tangan di atas materai dengan demikian sah sebagai calon ketum yang nanti akan dipilih secara aklamasi, secara mufakat, bulat tidak lonjong," kata Viva Yoga kepada wartawan, Jumat, 23 Agustus 2024.

Viva menyebut, Zulhas telah memenuhi dua persyaratan untuk menjadi caketum PAN periode 2024-2029, baik persyaratan umum hingga syarat khusus. 

Selain itu Zulhas juta telah mengantongi dukungan 38 DPW dan 514 DPD sehingga pemilihan dapat dilakukan secara aklamasi. 

"Karena 38 DPW dan 514 DPD sepakat bulat, meminta agar Saudaraku Bang Zulhas menghibahkan waktu, tenaga, pikiran, untuk memimpin kami, kader-kader PAN seluruh Indonesia periode 2024-2029," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya