Nama Kaesang Pangarep Muncul di Survei Pilkada Solo Tapi Masih di Bawah Gusti Bhre

Penelitis Fisip UNS, Sri Hastjarjo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Nama putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, masuk nominasi dalam survei untuk maju di Pilkada Solo. Sejauh ini, Kaesang masih digembor-gemborkan bakal maju di Pilgub Jawa Tengah.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Sejumlah akademisi yang tergabung dalam Grup Komunikasi Publik Sosial dan Budaya, dan Grup Local Government Fisip Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, merilis hasil survei popularitas dan elektabilitas calon wali kota di Pillkada Solo 2024.

Meskipun Kaesang muncul dalam survei itu, tetapi tingkat popularitas dan elektabilitasnya kalah dibandingkan dengan Pengageng Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X dan eks wakil Gibran Rakabuming Raka saat menjabat Wali Kota Solo, yakni Teguh Prakosa.

Tingkat Kesukaan Warga Jakarta pada Ridwan Kamil Ungguli Anies dan Ahok, Menurut Survei PSG

Menurut salah satu peneliti, Sri Hastjarjo, survei popularitas dan elektabilitas calon Wali Kota Solo 2024 itu melibatkan empat peneliti dari Grup Komunikasi Politik dan Budaya serta grup Local Government Fisip UNS.

Survei yang melibatkan 577 responden itu dilakukan pada 13 - 22 Agustus 2024. Pengambilan sampel itu dilakukan secara heterogen di semua kecamatan yang ada di Kota Solo.

Pasangan Calon dengan Elektabilitas Tinggi Berpotensi Kalah di Jakarta, Menurut Pengamat

“Metode penelitiannya ini kuantitatif dan dilakukan dengan tatap muka langsung. Responden disediakan 12 nama untuk dipilih. Kami punya tenaga 30 lapangan untuk menemui masyarakat di lokasi masing-masing dan melakukan wawancara sampai 30 menit. Jadi metode penelitiannnya ada dua tahap, pertama multistage sampling dan quota sampling,” kata dia kepada wartawan di Gedung Fisip UNS, Solo, Jumat, 23 Agustus 2024.

Dari hasil survei tersebut, Hastjarjo menyebutkan untuk kategori tingkat popularitas nama Kaesang di angka 33,8 persen atau di peringkat ketiga. Sedangkan untuk peringkat teratas kategori popularitas itu ditempati oleh KGPAA Mangkunegara X atau yang akrab disapa Gusti Bhre di angka 66,9 persen. Disusul urutan kedua adalah Wali Kota Solo Teguh Prakosa dengan angka 49,5 persen. Teguh sebelumnya wakil wali kota saat Gibran masih menjadi Wali Kota Solo. Setelah Gibran mundur, teguh diangkat menjadi wali kota.

“Dari sisi popularitas kayaknya ada tiga nama kalau Mas Kaesang mau dimasukkan, ada Gusti Bhre, Pak Teguh dan Mas Kaesang. Walaupun (Kaesang) ini kan nggak pasang baliho di sini jadi kita belum melihat ada niat untuk maju di pilkada ini,” jelasnya.

Dia mengungkapkan untuk survei kandidat terbaik penguasa Pura Mangkunegaran itu menduduki dengan angka 34 persen. Di peringkat dua ‘tidak tahu’ dengan angka 19,4 persen. Kemudian disusul Teguh Prakosa di angkar 18,4 persen dan Kaesang dengan angka 13 persen.

“Jawaban aneh seperti tidak tahu, tidak mau menjabar dan rahasia kami tampilkan semua,” kata dia

Sementara itu untuk hasil survei kandidat yang banyak dipilih pada Pilkada Solo 2024 nanti, Gusti Bhre masih menempati urutan teratas dengan angka 31 persen, Teguh Prakosa 16,6 persen dan Kaesang 8,7 persen. Sedangkan nama-nama lainnya dari 12 nama yang disodorkan dalam survei itu terpaut jauh dengan tiga nama tersebut.

“Untuk yang tidak tahu jumlahnya itu 28,1 persen. Untuk Pak Teguh hampir separuhnya (dari Gusti Bhre) dan kalah dengan tidak tahu. Sedangkan yang menolak menjawab atau rahasia itu 4,3 persen. Sedangkan Sekar Tandjung di angka 3,1 persen,” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya