Demokrat Tegak Lurus Ikuti MK, AHY Dorong KPU Segera Bikin PKPU

Ketua Umum Partai Demokrat AHY (Doc: Natania)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta, VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY mengatakan partai yang dipimpinnya tetap tegak lurus terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

DPR RI Kritik Keras KPU Sewa Jet Pribadi dan Apartemen: Anggaran Pemilu Buat Gaya Hidup Mewah

Hal itu disampaikan AHY di tengah situasi politik yang memanas akibat adanya Revisi Undang-undang (RUU) Pilkada, yang sebelumnya batal disahkan oleh DPR.

AHY mengklaim pihaknya terus memantau situasi yang terjadi dengan mendengarkan suara rakyat termasuk para mahasiswa dan berbagai elemen yang menyuarakan suaranya.

MK Bilang Pembentuk UU Tidak Boleh Sering Ubah Syarat Usia Pejabat Publik

"Oleh karena itu Partai Demokrat selama tiga hari ini benar-benar serius mengawal perkembangan situasi. Bahkan dikatakan setiap hari kami melakukan rapat-rapat terbatas," kata AHY dalam konferensi pers di Gedung DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Agustus 2024.

Dia bilang Demokrat konsisten menjaga konstitusi kita. Ia pun mendorong agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU).

Putusan MK Ikut Turunkan Jumlah Calon Tunggal pada Pilkada 2024, Menurut BRIN

"Kami mendukung agar KPU bisa segera mengeluarkan PKPU yang tentunya berjalan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi. Saya ulangi, yang berjalan dengan keputusan MK," lanjut AHY.

Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

AHY juga menegaskan bahwa dirinya telah mewanti-wanti para anggotanya yang berada di DPR agar mengawal dan menjaga sikap.

"Partai Demokrat di DPR RI dan jajaran yang terkait agar mengawal dan menjaga sikap, serta posisi Demokrat yang tentunya segaris dengan kehendak rakyat Indonesia," ungkap AHY. 

Selain itu, AHY juga meminta agar Pilkada yang akan berjalan ini dilakukan secara damai, jujur, adil dan demokratis.

"Kami bersama dengan elemen dan komponen bangsa lainnya berharap untuk menyukseskan Pilkada yang damai, demokratis, jujur, dan adil. Ini adalah pandangan dan sikap yang jelas dari Partai Demokrat." tutur AHY.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya