Cak Imin Pasrah di Muktamar PKB: Jadi Ketum Berat, Saya Tak Berambisi

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku tak berambisi untuk kembali memimpin. Ia mengatakan menjadi ketua umum partai politik tidaklah mudah.

Nikmati Wagyu Hingga Lamb Chop Lembut Ditemani Pemandangan Pantai Sawangan Bali

"Saya juga tidak berambisi karena menjadi ketum itu adalah tugas berat yang bukan soal kepingin, tapi soal tanggung jawab, sehingga saya menyerahkan sepenuhnya kepada seluruh DPC," ujar Cak Imin di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat, 23 Agustus 2024.

Diketahui, PKB akan menggelar muktamar pada 24-25 Agustus di Bali.

Sambangi Gedung Dewas KPK, Kaesang: Inisiatif Pribadi

Di sisi lain, Cak Imin menyerahkan kepada peserta muktamar untuk mengevaluasi dirinya selama menjabat lima tahun terakhir menjadi ketua umum PKB. 

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Mukernas PKB.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Kuliah Umum di Rusia, Megawati: Potensi Konflik Harus Segera Dimitigasi

Ia yakin bila kepemimpinannya selama ini bagus, tentu peserta muktamar akan kembali menunjuk dirinya menjadi Ketum PKB.

"Tentu semua itu pada porsi muktamar itu kan mengakhiri masa jabatan saya. Tergantung apakah pertanggungjawaban saya selama lima tahun ini diterima atau tidak. Pada dasarnya saya pasrah apapun yang menjadi pilihan-pilihan cabang PKB, saya ikut," kata dia.

Cak Imin memastikan Presiden Jokowi akan hadir dalam Muktamar PKB. Namun, dia masih menunggu konfirmasi dari Jokowi soal waktu kehadirannya. "Insyaallah (hadir), tapi jam pastinya saya masih nunggu jawaban," tutur dia.

Sebagai informasi, Muktamar menjadi salah satu forum tertinggi PKB. Acara tersebut akan diikuti ribuan peserta perwakilan dari seluruh Dewan Pengurus Cabang (DPC), Dewan Pengurus Wilayah (DPW), dan badan otonom PKB di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, sebanyak 65 pimpinan partai politik luar negeri yang tergabung dalam organisasi Centrist Democrat International (CDI) turut diundang dan dijadwalkan hadir. PKB merupakan bagian anggota CDI sejak 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya