Zulkifli Hasan Akan Menang Aklamasi di Kongres PAN jadi Ketum Lagi

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Agustus 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Zulkifli Hasan dipastikan akan kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional secara aklamasi dalam Kongres PAN yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat pada 23-24 Agustus 2024.

ISEI Bakal Gelar Kongres XXII Pekan Ini, 5 Kompleksitas Tantangan Ekonomi Ini Jadi Sorotan

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan politisi yang akrab disapa Zulhas itu telah menandatangani surat untuk kembali maju sebagai Ketum PAN periode 2024-2029. Proses penandatanganan tersebut dilakukan di rumah dinas Zulhas di kompleks Widya Chandra, Jakarta, Jumat, 23 Agustus. 

"Bang Zulhas telah tanda tangan di atas materai dengan demikian sah sebagai calon ketum yang nanti akan dipilih secara aklamasi, secara mufakat, bulat tidak lonjong," kata Viva Yoga kepada wartawan, Jumat, 23 Agustus 2024.

Sambangi Gedung Dewas KPK, Kaesang: Inisiatif Pribadi

Viva menyebut, Zulhas yang kini menjabat Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju, telah memenuhi dua persyaratan untuk menjadi caketum PAN periode 2024-2029, baik persyaratan umum hingga syarat khusus. 

Selain itu Zulhas juta telah mengantongi dukungan 38 DPW dan 514 DPD sehingga dapat dilakukan secara aklamasi. 

Kuliah Umum di Rusia, Megawati: Potensi Konflik Harus Segera Dimitigasi

"Karena 38 DPW dan 514 DPD sepakat bulat, meminta agar Saudaraku Bang Zulhas menghibahkan waktu, tenaga, pikiran, untuk memimpin kami, kader-kader PAN seluruh Indonesia periode 2024-2029," ungkapnya.

Di sisi lain, Zulhas menyebut bahwa menjadi ketum adalah tugas yang berat. Khususnya, di tengah situasi politik saat ini.

"Tentu ini tugas berat ya, satu amanah yang besar di tengah situasi partai politik yang sekarang seperti ini," kata Zulhas. 

Namun meski berat, mantan Menteri Kehutanan era Presiden SBY  itu yakin dengan kerja sama maka tujuan PAN akan tercapai. Dia meminta kader partai berlambang matahari itu tetap solid. 

"Tapi saya meyakini tugas berat tapi tujuan kita mulia, dan ini bisa saya yakin, haqqul yakin kalau kita bareng-bareng. Kebebasan itu kan cara untuk mencapai tujuan, jadi tujuan sebetulnya itu keadilan, kesetaraan, kemajuan," pungkas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya