Mau Kembalikan PKB ke Garis Perjuangan Kiai NU, Gus Adung Siap Lawan Cak Imin Rebut Kursi Ketum

Abdul Rochman atau Gus Adung.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta, VIVA – Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Periode 2015-2024, Abdul Rochman atau Gus Adung menegaskan bahwa siap melawan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk merebut kursi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa.

PKB: Kita Tunggu Saja Kinerja 39 Hari Gus Ipul

Bahkan, Gus Adung mengaku telah mendapatkan restu dari para kiai untuk mencalonkan diri sebagai Ketum PKB jelang Muktamar VI PKB yang dilaksanakan pada 24-25 Agustus di Bali. Dia mengaku mencalonkan diri karena prihatin dengan kondisi PKB yang dinilai perlu ditata kembali.

"Muktamar VI di Bali menjadi momentum tepat untuk mengembalikan PKB yang lebih bermuruah, dan sejalan dengan garis perjuangan para kiai NU (Nahdlatul Ulama). PKB tidak bisa dilepaskan dari kiai karena mereka sebenarnya yang mendirikan dan turut mengawal," ujar Gus Adung dikutip dari keterangannya, Jumat, 23 Agustus 2024.

Susunan Lengkap Pengurus DPP PKB 2024-2029: Cak Imin Ketum, Ma'ruf Amin Dewan Syuro

Adung Abdul Rochman, Sekretaris Jenderal PP GP Ansor

Photo :
  • Istimewa

Dia menjabarkan, saat ini telah memperoleh dukungan dari sejumlah cabang dan para mantan anggota Ansor yang berkiprah di PKB. Oleh sebab itu, ia mengaku optimistis jumlah dukungan kepada dirinya akan terus bertambah, sehingga reformasi PKB dapat dilakukan.

PKB 'Husnudzon' KPK Geledah Rumah Mendes Murni Penegakan Hukum

Terlebih, kata dia, selama ini banyak para kader tidak berani bersuara karena gaya kepemimpinan di PKB yang dinilai jauh dari prinsip-prinsip demokrasi.

"PKB harus dikembalikan semangatnya, seperti saat para kiai mendirikan 1998 lalu, yakni sebagai partai yang terbuka, modern dan reformis. Jangan sekali-kali kita khianati dan melenceng dari jalur perjuangan tersebut. Tanpa itu, PKB hanya terlihat besar dari luar saja, tetapi hakikatnya rapuh dan menuju arah kemunduran," katanya.

Cak Imin di kediamannya pada Rabu 21 Agustus 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Lebih lanjut, ia mengajak para pengurus dan kader PKB untuk menjadikan Muktamar VI sebagai forum yang demokratis untuk mengevaluasi sekaligus mencari solusi guna membenahi partai ke depan, sehingga merumuskan ulang garis perjuangan PKB agar sesuai dengan prinsip dan idealisme saat didirikan adalah sebuah keniscayaan.

Gus Adung menilai bahwa dirinya siap membawa PKB ke depan sebagai partai yang berpegang teguh pada garis perjuangan, dekat dengan para kiai, serta adaptif dengan perkembangan zaman.

"Kita harus wujudkan PKB ini sebagai partai yang terbuka untuk siapa saja, tidak antikritik, tidak otoriter dan tidak dipimpin dengan cara-cara yang arogan, bahkan dengan nafsu kekuasaan yang tak terbatas," katanya menambahkan. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya