Partai Buruh Dukung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024, Siap 4 Calon Pendampingnya

Partai Buruh deklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA - Partai Buruh secara resmi mendeklarasikan dukungan ke Anies Baswedan untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024. 

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Dukungan ini muncul setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perubahan aturan Pilkada. 

Dalam kesempatan tersebut, Partai Buruh juga mengumumkan empat opsi calon wakil gubernur yang akan mendampingi Anies.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

Partai Buruh secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Deklarasi dukungan berlangsung di Hotel Mega Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu 21 Agustus 2024.

Putusan MK Ikut Turunkan Jumlah Calon Tunggal pada Pilkada 2024, Menurut BRIN

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Khusus Pemenangan Partai Buruh, Said Salahuddin, dan Sekretaris Jenderal Partai Buruh, Ferri Nuzarli.

Said Salahuddin menjelaskan, sosok Anies Baswedan adalah yang diinginkan para buruh untuk kembali memimpin kota Jakarta.

"Untuk wilayah DKI Jakarta, pengurus Partai Buruh di tingkat daerah sudah lama memberikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta. Hari ini adalah momen yang tepat untuk menunjukkan dukungan kami secara resmi. Kami sangat bersemangat karena Anies adalah pilihan yang tepat bagi buruh." Said dalam keterangannya, Rabu 21 Agustus 2024. 

Partai Buruh menilai Anies Baswedan sebagai sosok yang konsisten membela kepentingan buruh, terutama selama masa kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta sebelumnya.

"Anies selalu berpihak pada buruh dengan menaikkan Upah Minimum Provinsi. Dukungan kami terhadap Anies sangat kuat, dan kami akan mempertahankan keputusan ini. Jika ada upaya untuk merubah atau menggoyang keputusan MK, kami akan terus mengawal keputusan ini hingga akhir," ujar Said. 

Selain mendeklarasikan dukungan untuk Anies, Partai Buruh juga menyiapkan empat calon potensial untuk mendampingi Anies sebagai wakil gubernur.

Nama-nama yang dipertimbangkan antara lain Basuki Tjahaja Purnama, yang dikenal sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta; Rano Karno, seorang politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P); dan Hendrar Prihadi, seorang politisi dengan rekam jejak yang kuat.

"Untuk calon wakil gubernur, kami telah menyiapkan empat opsi. Pertama, Basuki Tjahaja Purnama; kedua, Haji Rano Karno; ketiga, Haji Hendrar Prihadi; dan keempat, kami akan menunggu perkembangan politik hingga 26 Agustus. Kami telah mempersiapkan empat SK sebagai pilihan dari Partai Buruh," ujar Said.

Dengan langkah ini, Partai Buruh menunjukkan komitmennya untuk mendukung Anies Baswedan dan memastikan bahwa suara buruh tetap diperhatikan dalam pilkada mendatang. 

Dukungan ini juga menambah dinamika dalam kontestasi Pilgub Jakarta 2024 yang diperkirakan akan berlangsung ketat dengan berbagai calon dan opsi yang tersedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya