Beredar Isu Bakal Gantikan Muhaimin sebagai Ketua Umum PKB, Begini Jawaban Faisol Riza

Ketua Steering Committee (Komite Pengarah) Muktamar PKB Faisol Riza (kiri) saat memberikan keterangan pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Rio Feisal

Jakarta, VIVA - Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI Faisol Riza menyatakan tidak pernah berniat menggantikan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB.

PKB: Kita Tunggu Saja Kinerja 39 Hari Gus Ipul

Ketua Komisi VI DPR RI itu menekankan bahwa dirinya sampai saat ini tetap tunduk dan patuh pada perintah Gus Imin, sapaan karib Muhaimin Iskandar, sebagai pimpinan partai.

"Saya tunduk patuh setia dan tegak lurus kepada Ketua Umum PKB Gus Imin," kata Faisol dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2024.

Susunan Lengkap Pengurus DPP PKB 2024-2029: Cak Imin Ketum, Ma'ruf Amin Dewan Syuro

Muhaimin Iskandar dalam Acara Harlah ke-26 PKB

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selaku Ketua DPW Jambi, dia juga sudah memimpin rapat pleno yang memutuskan meminta Gus Imin memimpin kembali DPP PKB.

PKB 'Husnudzon' KPK Geledah Rumah Mendes Murni Penegakan Hukum

"Seluruh DPC se-Jambi juga mendukung Gus Imin. DPW Jambi bersama seluruh DPW se-Indonesia sudah meminta Gus Imin dalam Mukernas (Musyawarah Kerja Nasional) pada bulan Juli lalu agar kembali menakhodai PKB ke depan,” terangnya.

"Kami seluruhnya solid. Tidak ada nama lain yang pantas memimpin PKB ke depan kecuali Gus Imin."

Ia mengakui pula keberhasilan nyata Gus Imin selama memimpin PKB, salah satunya pada Pemilu 2024, dengan perolehan kursi PKB meningkat pesat. Itu artinya pula, katanya, Muhaimin berhasil melaksanakan amanat Muktamar pada 2019.

Sekretaris Organizing Comittee (OC) Muktamar PKB, Zainal Munasihin

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Ketua DPW PKB Jambi ini lantas mengingatkan kepada pihak-pihak yang mengganggu Gus Imin sama dengan mengganggu PKB. "Ketum PKB adalah simbol muruah partai. Kalau ada pihak-pihak yang mengadu domba, termasuk menyebut-nyebut nama kami, akan kami hadapi," ujarnya.

Untuk itu, Faisol membantah informasi bohong alias hoaks yang beredar menjelang Muktamar VI di Bali pada 24-26 Agustus 2024, sebagaimana yang beredar di media sosial X melalui akun @spinnicg.

Akun itu menyebutkan bahwa Gus Imin merestui Faisol Riza menjadi Ketua Umum PKB berikutnya, sedangkan Gus Imin menjadi Ketua Dewan Syura DPP PKB.

"Saya juga mengingatkan pemilik akun @spinnicg untuk tidak menyebarkan berita hoaks, melakukan fitnah, dan adu domba. Saya juga minta segera mencabut postingan tersebut sebelum saya melaporkannya kepada aparat hukum," kata dia. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya