Sebelum Ditetapkan Sebagai Ketua Umum Golkar, Bahlil Disuruh Lakukan Ini

Bahlil Lahadalia Hadiri Munas Partai Golkar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Sekretaris Panitia Penyelenggara Rapimnas dan Munas Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily mengatakan bahwa Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia akan menyampaikan visi dan misinya sebelum resmi ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Golkar.

Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

"Sebelum ditetapkan sebagai Ketua Umum, Pak Bahlil akan menyampaikan visi dan misinya sebagai Ketua Umum dalam Forum Munas XI 2024 ini," kata Ace di Gedung JCC Senayan, Jakarta, pada Rabu, 21 Agustus 2024.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia menyerahkan berkas pendaftaran calon Ketua Umum Golkar ke DPP Partai Golkar Slipi Jakarta Barat, Senin 19 Agustus 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Pimpinan Ingin KPK Nanti jadi Oposisi Pemerintahan Prabowo Subianto

Ace menyampaikan kegiatan Munas XI hari ini diawali dengan rapat Komisi-Komisi yang terdiri atas tiga komisi, yakni Komisi Organisasi, Komisi Program Umum Partai Golkar serta Komisi Pernyataan Politik dan Rekomendasi. 

"Dilanjutkan penetapan Ketua Umum Terpilih, Bapak Bahlil Lahadalia, yang merupakan satu-satunya calon Ketua Umum Partai Golkar yang memenuhi persyaratan, terutama dukungan dari 30 persen pemilik suara Munas," ujar dia.

Jokowi Ungkap Alasan Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Meski Masa Pemerintahannya Tinggal 1,5 Bulan

Kemudian, kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto juga dikabarkan akan menghadiri penutupan Munas nanti malam.

"Diagendakan malam ini Penutupan Munas, yang Insya Allah dihadiri Bapak Presiden Jokowi dan Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto, dan undangan para Ketua Umum partai politik lainnya," tutur dia.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) mengatakan pemilihan calon Ketua Umum Partai Golkar sudah selesai. Dari pendaftaran yang dibuka, hanya satu nama yang lolos verifikasi yaitu Bahlil Lahadalia.

“Soal ketua umum sudah selesai, kita sudah tahu bahwa hanya satu nama yang lolos memenuhi syarat verifikasi sebagai caketum, yaitu Bapak Bahlil Lahadalia,” kata Agus di JCC, Jakarta, pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Maka dari itu, kata Agus, Munas Golkar hanya tinggal menetapkan Bahlil sebagai Ketua Umum definitif menggantikan Airlangga Hartarto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya