Elit Partai Golkar Bicara Peluang Jokowi jadi Dewan Pembina Partai

Presiden Jokowi di HUT Golkar ke-58
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Adies Kadir mengatakan Presiden Joko Widodo masih berpeluang mengisi posisi Dewan Pembina partai. Sebab, dalam AD/ART Partai Golkar belum ada ketentuan yang mengatur soal pihak luar untuk masuk dalam jajaran dewan pembina partai berlambang pohon beringin tersebut. 

Sidang Kabinet di IKN Juga Bahas Transisi Kepemimpinan dari Jokowi ke Prabowo Subianto

“Kalau dewan pembina ini biasanya adalah kader-kader Partai Golkar yang sudah senior biasanya begitu memang tidak ada eksplisit dalam AD/ART itu apakah boleh orang luar atau tidak itu tidak ada,” kata Adies kepada wartawan di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2024.

Adies menjelaskan, dalam sejarah Partai Golkar, posisi dewan pembina biasanya diisi para senior. Bukan hanya dewan pembina, dewan pertimbangan serta dewan penasihat juga demikian.  

Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana IKN Besok

“Tetapi kebiasaan di Partai Golkar dari zaman dahulu sampai sekarang yang namanya dewan pembina, yang dewan pertimbangan, yang namanya dewan penasihat, dewan pakar, itu ada pada senior-senior Partai Golkar sendiri,” ungkapnya. 

Kata Adies, selama ini nama Presiden Jokowi untuk diusung sebagai anggota dewan pembina belum terdengar. Bahkan, saat Rapimnas dan Munas ke-XI Partai Golkar pun belum ada ada diskusi mengenai nasib Jokowi di partainya. 

Jokowi Singgung Pembentukan Angkatan Siber Matra Keempat TNI, Berharap Dilanjutkan Prabowo

“Belum ada satu pun pembahasan dan yang mengusulkan belum ada sampai detik ini,” tutur dia. 

Di pun menegaskan, enggan melangkahi kebijakan yang tertuang dalam AD/ART Partai Golkar. Ia meyakini selama tidak ada larangan dalam aturan tersebut, maka Jokowi bisa saja menempati posisi dewan pembina. 

“Kalau tidak ada dalam AD/ART sebenarnya sih boleh-boleh saja,” tandas Adies.

Cagub Kalbar Ria Norsan (kiri) dan Cawagub Kalbar Krisantus Kurniawan (kanan) berfoto bersama Lasarus usai Rakerdasus PDI Perjuangan di Hotel Aston Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 12 September 2024.

Maju Pilkada Kalbar, Ria Norsan: Bayangkan Bapaknya Mengabdi di Golkar 30 Tahun, Dipecat Anaknya

Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, dipecat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD Golkar. SK pemecatan itu, bahkan dibacakan langsung oleh anaknya, Arief Rinaldi.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024