Ketua KPU Lapor Presiden Jokowi, Sengketa Pemilu di MK Selesai

Ketua KPU RI M Afifuddin
Sumber :
  • Youtube Setpres

Jakarta, VIVA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI M Afifuddin mengungkapkan bahwa sengketa perselisihan hasil pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) telah selesai. Saat ini, tegas dia, jajarannya bersiap menyelenggarakan tahapan Pilkada serentak.

Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana IKN Besok

Demikian disampaikan Afif saat sambutan di Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada 2024, di JCC, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2024. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir langsung ditemani Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian hingga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Afif awalnya mengatakan pelaksanaan Pilkada hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

"Terhitung hingga saat ini 98 hari lagi kita menuju hari pelaksanaan Pilkada serentak 2024, 27 November 2024. Alhamdulillah Pak Presiden, tepat 19 Agustus kemarin, seleruh sengketa hasil pemilu yang berlangsung di MK, yang menyisakan 7 perkara kemarin alhamdulillah bersamaan dengan konsolidasi ini seluruh perkara itu dinyatakan selesai," kata Afif.

Lebib jauh Afif menyampaikan, KPU pun saat ini bersiap untuk menetapkan hasil Pemilu 2024. Di samping itu, ungkap dia, pihaknya juga bakal menyiapkan tahapan Pilkada 2024.

Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

"Dengan demikian teman-teman penyelenggara konsentrasinya tinggal penetapan hasil pemilu, untuk selanjutnya kami semua akan melaksanakan pelantikan DPR, DPD dan juga presiden terpilih," imbuhnya.

Kantor KPU

DPR RI Kritik Keras KPU Sewa Jet Pribadi dan Apartemen: Anggaran Pemilu Buat Gaya Hidup Mewah

Komisi II DPR RI mengkritik keras KPU terkait sewa pesawat jet pribadi dan Apartemen dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Doli menyebut anggaran cuma buat gaya anggota KPU

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024