Merespons Kabar Airlangga Dipanggil Kejagung, Plt Ketua Umum Golkar Bilang Begini

Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita di acara Rapimnas dan Munas XI Golkar di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku belum mendengar kabar Airlangga Hartarto akan diperiksa oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) RI hari ini. Ia mengaku seluruh kader Golkar sedang sibuk menggelar Rapimnas.

Achmad Yani: Penetapan Pimpinan DPRD Jakarta Diumumkan Pekan Depan

"Terus terang kami belum dengar karena kami lagi sibuk Rapimnas," ujar Agus kepada wartawan di JCC Senayan, Selasa, 20 Agustus 2024.

Jika kabar tersebut benar adanya, Agus Gumiwang berharap Airlangga menaati seluruh proses hukum yang ada. "Dan kami tidak berharap bahwa Pak Airlangga Hartarto itu harus mengalami atau menjalani proses hukum," ujar dia.

Kabar Terbaru Korupsi 109 Ton Emas Antam, Ini Kata Kejagung

Arsip foto - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) saat menyampaikan keterangan kepada wartawan usai pertemuan di Partai Golkar, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2023.

Photo :
  • ANTARA/Reno Esnir

Ketua Panitia Rapimnas dan Munas Partai Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan Airlangga Hartarto merupakan salah satu kader terbaik yang pernah dimiliki partai berlambang pohon beringin.

Respons Kejagung Soal Rencana Kemenkumham Serahkan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara

Airlangga mengajukan pengunduran diri dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Hal itu diungkap Bamsoet saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar, pada Selasa, 20 Agustus 2024.

"Sebagaimana kita ketahui, bahwa terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2024, Bapak Airlangga Hartarto telah menyatakan pengunduran diri dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar. Meskipun keputusan ini mengejutkan, tentunya kita semua harus menghormati keputusan beliau. Pak Airlangga adalah salah satu kader terbaik yang pernah dimiliki oleh Partai Golkar," kata Bamsoet.

Ilustrasi Partai Golkar.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, Airlangga telah menorehkan banyak prestasi selama memimpin partai. Salah satunya membawa Golkar menempati urutan kedua perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2024.

"Ini dibuktikan ketika di bawah kepemimpinan beliau, Golkar sukses menempati urutan kedua perolehan suara terbanyak pada pemilu 2024 yang baru saja kita lalui bersama," tutur dia.

Partai Golkar menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) pada Selasa dan Rabu, 20-21 Agustus 2024. Kegiatan tersebut digelar untuk menetapkan sosok ketua umum baru Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.

"Pelaksanaan Rapimnas dan Munas, saya kira akan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Nanti puncaknya munas akan menetapkan ketua umum baru, yang akan menjadi pemimpin Partai Golkar dalam lima tahun ke depan," kata Agus Gumiwang Kartasasmita kepada wartawan di Jakarta, pada Selasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya