Tak Ada Calon Lain, Munas Golkar Segera Tetapkan Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum

Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita di acara Rapimnas dan Munas XI Golkar di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) mengatakan pemilihan calon ketua umum Partai Golkar sudah selesai. Dari pendaftaran yang dibuka, hanya satu nama yang lolos verifikasi, yaitu Bahlil Lahadalia.

Minister: EV Battery Raw Material Factory Can Boost Morowali's Economy

“Soal ketua umum sudah selesai, kita sudah tahu bahwa hanya satu nama yang lolos memenuhi syarat verifikasi sebagai caketum, yaitu Bapak Bahlil Lahadalia,” kata Agus kepada wartawan di JCC, Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2024.

Maka dari itu, kata Agus, Munas Golkar yang akan digelar besok hanya tinggal menetapkan Bahlil sebagai ketua umum definitif menggantikan Airlangga Hartarto.

Pemerintah Bakal Revisi Aturan Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Benefit Akan Naik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mencalonkan diri untuk jabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Senin 19 Agustus 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

“Kita akan segera memutuskan dan menetapkan Pak Bahlil sebagai ketua umum kita ke depan. Pak Bahlil akan hadir di pembukaan munas, insyaallah, jam 16.00,” katanya.

Bahlil Bantah Bos AirAsia soal Harga Avtur RI Termahal di ASEAN

Agus mengatakan Bahlil akan menyampaikan visi-misinya besok. Munas Golkar besok juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan calon presiden terpilih, Prabowo Subianto.  

Bahlil Lahadalia, sekarang menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, menyerahkan berkas pendaftaran calon ketua umum Golkar kepada panitia pada Senin, 19 Agustus.

Bahlil mengaku mendapat 469 suara dukungan dari 558 pemilik hak suara di Golkar. Selanjutnya berkas pencalonan diserahkan Bahlil ke Ketua Steering Committee Adies Kadir di kantor pusat Golkar.

Arsip foto - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) saat menyampaikan keterangan kepada wartawan usai pertemuan di Partai Golkar, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2023.

Photo :
  • ANTARA/Reno Esnir

Bahlil menjelaskan bahwa dokumen yang diserahkan malam ini telah lengkap seperti yang disyaratkan di AD/ART Golkar.

"Ada SK kepengurusan saya di Bendahara Golkar Papua 2009-2014, ada KTA saya, KTP, kemudian surat pernyataan untuk tidak pernah keluar partai, dan mendapat dukungan dari pemilik suara, 469 suara. Dengan mengucapkan bismillah dan selalu mendapat ridho Allah SWT, saya serahkan dokumen pencalonan saya kepada ketua steering committee," ujar Bahlil ketika menyerahkan berkas di DPP Golkar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya