Daftar Menteri PDI Perjuangan yang Masih Tersisa di Kabinet Jokowi usai Yasonna Laoly Dicopot

Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR
Sumber :
  • (Bagus Indahono/Pool Photo via AP)

Jakarta, VIVA – Politikus PDI Perjuangan, Yasonna Laoly dan dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Senin, 19 Agustus 2024 pagi.

Ingin Ditemui Megawati, Kapolri: Ibu Sayang dengan Anaknya

Yasonna Laoly digantikan oleh politikus Golkar, Supratman Andi Agtas yang sebelumnya merupakan anggota DPR RI.

Pencopotan Yasonna Laoly ini menambah daftar panjang menteri dari PDI Perjuangan yang dicopot Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Guntur Soekarnoputra Nilai 'Si Doel' Dapat Dongkrak Popularitas Pramono di Pilgub Jakarta

Yasonna Laoly Hadiri Hari Pengayoman ke-79

Photo :
  • Kemenkumham

Lantas, siapa menteri PDI Perjuangan yang masih tersisa di kabinet Jokowi?

Temui Guntur Soekarnoputra, Rano Karno: Diundang Sama Bos

Tri Rismaharini

Menteri Sosial, Tri Rismaharini

Photo :
  • VIVA: Surya Aditiya

Risma masih berada dalam kabinet Jokowi sejak pertama kali dilantik sebagai Menteri Sosial pada 2020 silam. Saat itu ia ditunjuk menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus korupsi bansos penanganan pandemi COVID-19.

Sebelum menjabat Mensos, sosok Risma sudah dikenal publik sebagai Wali Kota Surabaya dua periode (2010-2020). Kala itu Risma sempat masuk nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Forbes. Setahun setelahnya dia menyabet penghargaan Mayor of the Month sebagai Wali Kota Terbaik.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Teten juga merupakan kader PDI Perjuangan yang masih berada di dalam ‘Istana’ sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Dia dilantik pada 23 Oktober 2019 menggantikan Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Sebelum jadi menteri, Teten Masduki merupakan pemimpin Indonesia Corruption Watch (ICW). Kendati demikian, bergabungnya ia dalam kabinet Jokowi tidak memiliki pengaruh pada upaya pemberantasan korupsi.

Beberapa waktu lalu, Instagram @sahabatICW menyindir sejumlah aktivis seolah lenyap setelah masuk ke dalam lingkaran istana.

Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Pramono Anung merupakan orang kepercayaan Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri yang kini masih berada di kabinet Jokowi sebagai Sekretaris Kabinet Indonesia Maju.

Pria kelahiran Kediri, Jawa Timur, 11 Juni 1963, itu telah mengabdi kepada negara sebagai Sekretaris Kabinet mulai 2015 dalam Kabinet Kerja.

I Gusti Ayu Bintang Darmavati

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Perempuan yang akrab disapa Bintang Puspayoga ini merupakan politisi PDI Perjuangan yang masih menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dia dilantik pada 23 Oktober 2019.

Istri dari mantan menteri Koperasi dan UMKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, ini tercatat sebagai perempuan Bali pertama yang menjabat sebagai menteri.

Abdullah Azwar Anas

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas

Photo :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Azwar Anas juga merupakan politisi PDI Perjuangan yang tersisa di kabinet Jokowi. Saat ini dia menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) sejak 7 September 2022.

Sebelum diberi kursi menteri, Azwar Anas merupakan Bupati Banyuwangi, Jawa Timur dua periode (2010-2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya