Beredar Rumor Calon Independen di Jakarta Skenario KIM Plus, Begini Klarifikasi Gerindra

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut calon perseorangan atau independen di Pilkada 2024 telah mendaftar sejak lama. Pasangan calon independen di Pilkada Jakarta 2024 merupakan bagian dari demokrasi.

Doli soal Anies Mau Bikin Parpol Baru: Silakan, Nggak Ada yang Larang

"Kalau skenario, ‘kan ini KIM Plus juga belum lama terbentuk, sementara itu calon independen daftarnya sudah lama. Kan begitu. Kami juga sebenarnya tidak heran karena di DKI ini bukan baru pertama kali calon independen bisa maju,” kata Dasco kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2024. 

Pernyataan itu disampaikan Dasco sekaligus membantah anggapan calon independen yang mengerucut pada pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana itu adalah skenario dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

PDIP Sebut Gugatan 4 Kader ke PTUN sebagai "Upaya Penyerangan"

Mantan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Dharma Pongrekun

Photo :
  • YouTube: Richard Lee

Pada Kamis 15 Agustus, KPU DKI Jakarta menyatakan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, memenuhi syarat untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Dharma-Kun berhasil mengumpulkan sebanyak 677.467 dukungan.

Banyak Calon Tunggal dalam Pilkada 2024 karena Dua Kegagalan Parpol, Menurut Pengamat

KPU DKI Jakarta mengatakan pasangan Dharma-Kun melalui proses panjang hingga bisa lolos verifikasi faktual kedua calon independen. 

Dharma-Kun mengantarkan syarat dukungan maju sebagai calon independen ke KPU DKI Jakarta pada Minggu, 12 Mei 2024.

Dharma-Kun akan berhadapan dengan pasangan Ridwan Kamil dan Suswono yang diusung KIM Plus pada Senin siang.

Warga menentukan pilihannya dalam Pilkada. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Sebanyak 12 partai bergabung mengusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasdem, PKB, PSI, Partai Demokrat, PAM, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan PPP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya