Airlangga Diundang, Golkar Hari Ini Rapimnas dan Munas Tentukan Ketum Untuk 5 Tahun ke Depan

Plt Ketum Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Partai Golkar akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas dan Musyawarah Nasional atau Munas, yang akan dimulai hari ini dan esok, 20-21 Agustus 2024. Kegiatan tersebut digelar untuk menetapkan Ketua Umum Partai Golkar yang baru menggantikan Airlangga Hartarto, yang sebelumnya mengundurkan diri.

Minister: EV Battery Raw Material Factory Can Boost Morowali's Economy

"Pelaksanaan Rapimnas dan Munas saya kira akan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Nanti puncaknya Munas akan menetapkan ketua umum baru yang akan menjadi pemimpin Partai Golkar dalam lima tahun ke depan," kata Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita kepada wartawan di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2024.

Agus menjelaskan, partainya turut mengundang Airlangga Hartarto dalam kegiatan Rapimnas dan Munas Golkar hari ini.

Pemerintah Bakal Revisi Aturan Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Benefit Akan Naik

"Pak Airlangga diundang," tuturnya. 

Airlangga Mundur dari Ketum Golkar

Maju Pilkada Kalbar, Ria Norsan: Bayangkan Bapaknya Mengabdi di Golkar 30 Tahun, Dipecat Anaknya

Airlangga Hartarto bersalaman dengan Bahlil Lahadalia

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Sebelumnya diberitakan, Airlangga Hartarto, menyatakan mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Walau pada Pemilu 2024 ini suara Golkar naik signifikan. Dalam video yang diterima, Airlangga menjelaskan bahwa dirinya mengundurkan diri untuk menjaga keutuhan Partai Golkar.

Dia menjelaskan, untuk menjaga transisi pemerintahan yang tidak lama lagi akan terjadi, maka dia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ketua umum. Secara resmi, Airlangga mundu pada Sabtu malam 10 Agustus 2024.

"Saya Airlangga Hartarto setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan bismillahirohmanirrohim serta atas petunjuk Tuhan yang maha besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," jelas Airlangga, Minggu 11 Agustus 2024.

"Pengunduran ini terhitung sejak semalam yaitu Sabtu 10 Agustus 2024,".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya