Tak Maju Calon Ketum Golkar, Bamsoet Tegaskan Dukung Bahlil Pimpin Beringin

Ketua Panitia Penyelenggara Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar 2024, Bambang Soesatyo dan Ketua Panitia Steering Committee Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar 2024, Adies Kadir
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Ketua MPR RI ke-16 sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet memastikan, dirinya tidak akan maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar.

Maju Pilkada Kalbar, Ria Norsan: Bayangkan Bapaknya Mengabdi di Golkar 30 Tahun, Dipecat Anaknya

Selain menjaga agar soliditas partai tetap terjaga, Bamsoet ingin menghindari dinamika yang bisa membuat retak Partai Golkar usai mundurnya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pekan lalu.

"Keutuhan dan soliditas Partai Golkar merupakan yang utama. Dinamika yang terjadi di Partai Golkar dengan mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar harus disikapi dengan bijak," kata Bamsoet dalam keterangannya, Senin, 19 Agustus 2024.

Bahlil soal Jatah Menteri untuk Golkar: Tunggu Tanggal Mainnya

Dia menegaskan perlunya kesadaran kolektif yang harus dibangun seluruh kader Partai Golkar, untuk bersama-sama menyelamatkan Partai Golkar.
 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

Photo :
  • Tangkapan layar tv Parlemen.
Bamsoet Sebut Politik Uang Hambatan Terbesar RI untuk Capai SDGs 2030

Bamsoet menjelaskan, sebelum Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketum DPP Partai Golkar, dirinya bersama Agus Gumiwang Kartasasmita dan Bahlil Lahadalia, sepakat akan maju sebagai calon Ketum Partai Golkar guna bertarung dengan Airlangga Hartarto sebagai petahana.

Agus Gumiwang sendiri setelah ditunjuk sebagai Plt Ketum Partai Golkar telah menyatakan diri tidak akan maju sebagai calon Ketum Partai Golkar.

"Melihat situasi politik yang berubah total, saya, Agus Gumiwang dan Bahlil Lahadalia, telah berembuk dan sepakat untuk mendukung salah satu dari kita sebagai Ketum Partai Golkar," ujarnya.

Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Golkar terpilih Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai rapat pleno di Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2024.

Photo :
  • ANTARA/Aditya Pradana Putra

Hasilnya, lanjut Bamsoet, dirinya dan Agus Gumiwang sepakat untuk mendukung Bahlil Lahadalia sebagai Ketum Partai Golkar periode 2024-2029. 

"Dalam Munas XI Partai Golkar nanti, kemungkinan besar akan memilih Bahlil Lahadalia secara aklamasi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya