Ridwan Kamil: Kita Butuh Gubernur Jakarta yang Sefrekuensi dengan Presiden RI

Deklarasi Pencalonan Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilkada Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Bakal cagub Jakarta Ridwan Kamil alias RK sempat bertemu dan berdialog dengan pimpinan partai politik pendukungnya. Momen pertemuan itu dilakukan sebelum RK bersama Suswono dideklarasikan didukung oleh 12 parpol.

Pesan Penting Jusuf Kalla ke Ridwan Kamil Bila Terpilih jadi Gubernur Jakarta

Bertempat di Hotel Aryaduta Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024, pertemuan itu dihadiri  perwakilan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Hadir pula perwakilan partai dari luar poros KIM seperti PKS dan Nasdem.

Dalam pertemuan itu, RK menyampaikan pesan dari Presiden RI Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Kata dia, pesan itu agar dirinya bisa mengimajinasi ulang (reimagining) Jakarta pasca berdirinya Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Eks Gubernur Jakarta Fauzi Bowo ke Pramono: Kalau Bukan Beliau, Gue Nggak Jadi Gubernur

“IKN baru akan benar-benar ‘hangat’ dan ‘bunyi’ dalam 15-20 tahun ke depan. Kita harus persiapkan masa transisi yang baik, termasuk transisi untuk Jakarta. Karena itu juga, kita butuh gubernur Jakarta yang sefrekuensi dengan Presiden,” kata RK.

Bakal cagub Jakarta Ridwan Kamil bersama elite pimpinan parpol pendukung.

Photo :
  • Istimewa
Rano Karno Ungkap Keinginan Bertemu Jokowi jika Diterima

RK menuturkan, bentuk dari komitmen tersebut, slogan kampanye pasangan RK-Suswono adalah “Jakarta Maju”, yang meresonansi slogan pemerintahan Prabowo-Gibran “Indonesia Maju”. 

Sementara, Ketua DPD PAN Jakarta Eko Patrio merespons baik pencalonan politikus yang juga akrab disapa sebagai Kang Emil. Dia ikut menginisiasi mengundang eks Gubernur Jawa Barat itu nanti untuk bertemu dengan kader dan konstituen partai-partai pendukung. 

“Harapan kami, sebagai gubernur Bang Emil bisa mengayomi anak muda. Kita sudah capek gontok-gontokan. Sudah benar kita punya gubernur yang satu frekuensi dengan presiden,” jelas Eko. 

Pun, Ketua DPD Gerindra Jakarta Riza Patria mengingatkan banyaknya partai yang mendukung RK-Suswono jadi tantangan tersendiri untuk dibuktikan dalam keberhasilan pembangunan. Sebab, belum ada pemilu yang didukung banyak parpol seperti RK di Pilgub Jakarta 2024.

“Rasanya baru Bang Emil yang didukung begitu banyak partai. Sebelumnya tidak pernah sebanyak ini. Ini tantangan tersendiri. Kepemimpinan Ridwan Kamil-Suswono harus lebih sukses dari gubernur-gubernur sebelumnya,” kata Riza. 

RK mengatakan punya komitmen membangun Jakarta Bersama. Ia pun berterima kasih atas masukan dan diskusi dengan para pemimpin partai di Jakarta hari ini. 

Dia berharap komunikasi yang kondusif terus terjaga dan merupakan awal komitmen untuk membangun bersama Jakarta di masa depan. RK bilang rakyat mesti disuguhkan adanya proses transisi yang mulus. 

"Apa yang sudah baik dari gubernur yang lalu kita akui dan kita teruskan, yang belum baik kita perbaiki, dengan komunikasi yang baik. Bukan saling menafikan,” ujar RK.

Dalam pertemuan tersebut, hadir juga Ketua Tim Sukses RK Rany Mauliani, Sekretaris Tim Sukses Selamat Nurdin. Selain itu, ada juga Ketua Umum Relawan Kita (RK) Henry Baskoro.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya