Fahri Hamzah Wanti-wanti Ridwan Kamil Tak Tergoda Jadi Lawan Prabowo di Pilpres

Deklarasi Pencalonan Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilkada Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah menyarankan kepada bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil dan Suswono agar tidak berkonflik dan berbagi peran ketika nantinya memimpin Jakarta.

RK Targetkan Menangi Pilkada Jakarta Satu Putaran: Jangan Menang Tipis

Fahri mengaku mengenal baik sosok Suswono, bakal cawagub Jakarta pendamping Ridwan Kamil. Suswono merupakan tokoh senior PKS yang juga mantan Menteri Pertanian di era Presiden SBY.

"Mohon tidak ada konflik di antara gubernur dan wakil gubernur di masa yang akan datang. Harus ada kesetiaan untuk bersama-sama memimpin Jakarta," kata Fahri Hamzah saat deklarasi pasangan Ridwan Kamil-Suswono di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024.

70 Persen Timses Bakal Diisi Anak Muda, RK Beberkan Strategi Kampanyenya

Dalam kesempatan itu, Fahri Hamzah secara khusus berpesan kepada Ridwan Kamil jika kelak terpilih sebagai calon Gubernur Jakarta, agar tidak menjadi penantang Prabowo di Pemilu Presiden (Pilpres) 2029 mendatang.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah

Photo :
  • tvOne
Viral! Aksi Bagi-bagi Uang dan Stiker Bergambar Bacalon Bupati Tangerang

"Kepada pak Ridwan Kamil, saya mohon, (saya) ingin mengatakan jujur di forum ini, karena bisa jadi ada godaan yang kuat untuk mengambil celah, kami terus terang di koalisi agar pak Prabowo memimpin kita 2 periode, jadi jangan tergoda," tegas mantan Wakil Ketua DPR RI itu  

Menurutnya, jabatan Gubernur menurut Undang-Undang dan sistem pemerintahan Indonesia adalah perpanjangan tangan dari Presiden, dan tugasnya menjadi pelaksana program agenda pemerintah pusat. 

"Kalau gubernur di masa lalu punya agenda sendiri. Banjir tak tertangani, polusi semakin parah, kebersihan kota semakin hancur, dan isu-isu lokal yang menjadi hak warga Jakarta terabaikan. Inilah yang saya sebut rindu, jadi tolong ini dicamkan, mudah-mudahan ini jadi niat kita, mudah-mudahan rekonsiliasi kita berlanjut," ujarnya

Fahri lantas memuji Ridwan Kamil sebagai sosok mumpuni sebagai Gubernur Jakarta. Ia bahkan mengklaim tak ada calon Gubernur yang sebaik Ridwan Kamil di Jakarta hari ini. 

"Dia kurator IKN kita, dia arsitek yang mumpuni, pernah memimpin Kota Bandung sebagai salah satu kota besar di Indonesia, memimpin Jawa Barat, dan sekarang kita diberi anugerah oleh Allah, dia akan memimpin transformasi Jakarta dari ibu kota yang oleh Sekjen Golkar sebagai kota bisnis atau kota apapun, banyak jejak perjuangan disini yang harus dibungkus sebagai ingatan bangsa Indonesia," ungkapnya

Diketahui, Koalisi Jakarta Maju yang beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PAN, Partai Demokrat, PKB, PPP, Partai Nasdem, Partai Gelora, PSI, Partai Garuda, dan  Partai Perindo, mengusung pasangan Ridwan Kamil dan Suswono sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Pilkada Jakarta 2024. 

Pasangan yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus didekarasikan di Hotel Sultan Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024, siang 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya