Survei SMRC: Pemilih PKS, Nasdem, PKB Mayoritas ke Anies Baswedan, PDIP ke Ridwan Kamil

Anies Baswedan (kanan) dan Ridwan Kamil (kiri)
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

Jakarta, VIVA -  Hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting atau SMRC menunjukkan, mayoritas pemilih dari PKS, Nasdem, dan PKB memilih Anies Baswedan jika pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta dilakukan sekarang.

Heboh Gerakan Anak Abah Coblos 3 Paslon, Pakar: Semoga Hanya Sebatas Emosi Sesaat

Seperti diketahui, ketiga partai tersebut diprediksi kuat akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus, di Pilkada Jakarta. Dimana akan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur atau cagub. Sedangkan cawagub santer disebutkan adalah Suswono, politisi senior PKS.

Adapun survei SMRC inii dilakukan dengan menggunakan metode double sampling. Sampel sebanyak 500 responden dipilih secara acak dari database sampel survei tatap muka yang telah dilakukan SMRC sebelumnya dengan jumlah proporsional menurut kabupaten/kota untuk mewakili pemilih Jakarta.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

"Mayoritas pemilih PKS, Nasdem, PKB memilih Anies Baswedan jika pemilihan gubernur Daerah Khusus Jakarta dilakukan sekarang," kata Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani dalam keterangannya Minggu, 18 Agustus 2024.

Deni mengatakan, Anies Baswedan mendapatkan suara 94 persen dari pemilih PKS, unggul jauh dari Ridwan Kamil yang hanya mendapatkan suara 5 persen. 

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

Pada pemilih Nasdem, Anies memperoleh 76 persen, jauh di atas Ridwan Kamil 22 persen. Pada pemilih PKB, Anies juga unggul jauh 73 persen melawan Ridwan Kamil yang hanya mendapatkan dukungan 17 persen. 

Namun, Ridwan Kamil terlihat unggul atas Anies Baswedan di pemilih PSI sebesar 93 persen, Gerindra 71 persen, dan Golkar 52 persen. Adapun pemilih Demokrat terbelah kepada Anies 46 persen dan Ridwan Kamil 43 persen. 

Pemilih PDIP Mayoritas ke Ridwan Kamil

Salah satu partai yang belum menentukan pilihannya adalah PDIP. Beberapa kabar belakangan mencuat, dimana PDIP disebut bakal mengusung Anies yang akan dipasangkan dengan Rano Karno. Menurut SMRC, justru minim pemilih PDIP yang memilih Anies.

"Mayoritas Pemilih PDI Perjuangan belum menentukan 53 persen, tapi yang memilih Ridwan Kamil 39 persen lebih banyak dibanding Anies 8 persen," jelasnya.

Lebih jauh Deni menunjukkan variasi dukungan pada kedua bakal calon menurut demografi. Dalam hal ini Anies Baswedan cenderung unggul atas Ridwan Kamil pada pemilih laki-laki, Gen-Z, pendidikan SD dan perguruan tinggi, muslim, etnis Betawi, dan pekerja kerah biru. 

Sementara Ridwan Kamil cenderung unggul di kelompok etnis Sunda, dan yang berprofesi Ibu Rumah Tangga.

"Persaingan sangat ketat terjadi pada kelompok pemilih perempuan, generasi boomer,  pendidikan SLTA, dan pekerja kerah putih,” ungkap Deni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya