Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Senin, Yasonna Laoly-Arifin Tasrif Diganti

Presiden Jokowi di sidang tahunan MPR/DPR RI 2024
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle atau perombakan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju pada Senin, 19 Agustus 2024. Kabarnya, ada menteri yang akan diganti dan digeser posisinya.

PKB: Kita Tunggu Saja Kinerja 39 Hari Gus Ipul

Adapun, informasi dari sumber pemerintahan membenarkan kabar Presiden Jokowi akan melakukan pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024, jam 09.00 WIB.

Sementara, nama yang masuk radar diganti kabarnya Menteri ESDM, Arifin Tasrin oleh Bahlil Lahadalia yang saat ini menjabat Menteri Investasi/Kepala BKPM. Sedangkan, posisi Bahlil dikabarkan diisi oleh Rosan Roeslani.

Budi Arie Sebut Jokowi Layak Jadi Wantimpres: Umur 63, Terlalu Muda Pensiun

Selain itu, nama Yasonna H Laoly juga santer dikabarkan bakal diganti dari kursi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). Kabarnya, Yasonna diganti Politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas.

Momen Presiden Jokowi dengan Prabowo Jalan Bereng Usai Sidang Tahunan MPR DPR

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana
Jokowi Kumpulin Pejabat TNI dan Polri di Istana Negara IKN

Lalu, Jokowi dikabarkan akan melantik dua orang kepala badan yang baru, di antaranya Kepala Badan Gizi Nasional. Diketahui, Badan Gizi Nasional baru diteken Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2024 pada 15 Agustus 2024.

Sebelumnya, Presiden Jokowi kembali menanggapi isu adanya perombakan Menteri Kabinet Indonesia Maju atau reshuffle sisa masa jabatan periode 2019-2024. Adapun, nama yang kembali santer bakal dirombak yaitu Menteri ESDM Arifin Tasrif dan bakal digantikan Bahlil Lahadalia.

Kata Jokowi, untuk reshuffle itu memang merupakan hak prerogratif dari Presiden Republik Indonesia. “Saya masih punya hak prerogratif itu,” kata Jokowi di Kalimantan Timur pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Maka dari itu, Jokowi menegaskan perombakan menteri itu sebagai pembantu Presiden Republik Indonesia kapan saja bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan di pemerintahan. 

Hanya saja, Jokowi tidak menjawab tegas apakah saat ini diperlukan reshuffle atau tidak. “Ya kalau diperlukan. Kalau diperlukan. Saya udah ngomong dari dulu, kalau diperlukan,” ujarnya.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi merespons isu akan adanya perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di akhir masa jabatannya. 

Budi Arie menegaskan tidak ada rencana perombakan kabinet pada minggu ini. Namun, dia mengaku tak tahu jika Jokowi ingin merombak jajaran menteri di minggu depan.

"Minggu ini tidak ada reshuffle, enggak tahu minggu depan," ucap Budi Arie di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya