Survei: Anies Unggul Lawan RK, Ahok dan Kaesang di Pilkada Jakarta

Anies Baswedan blusukan di Jakarta
Sumber :
  • instagram @aniesbaswedan

Jakarta, VIVA - Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkapkan, Anies Baswedan selalu unggul dalam simulasi dua nama melawan Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Kaesang Pangarep untuk Pilkada Jakarta.

Polisi Netral, Tak Bantu Anak Irjen Karyoto Maju Calon Wakil Bupati Garut 2024

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani mengatakan jika pemilihan umum gubernur daerah khusus Jakarta dilakukan sekarang, Anies Baswedan mendapatkan dukungan 42,8 persen dan Ridwan Kamil 34,9 persen.

Selain dengan Ridwan Kamil, survei ini juga menguji elektabilitas head to head antara Anies dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies dengan Kaesang Pangarep. 

Heru Budi: Gubernur Jakarta Terpilih Harus Selesaikan Masala Banjir dan Macet

"Dalam head to head Anies-Ahok, Anies mendapat 37,8 persen, Ahok 34,3 persen, dan masih ada 28 persen yang belum tahu atau tidak menjawab," ujar Deni dalam keterangannya, Minggu 18 Agustus 2024.

Pertemuan Anies dan Ahok di Balaikota Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Relawan Prabowo-Gibran sebut Gerakan "Tusuk 3 Paslon" di Pilkada Jakarta Rusak Demokrasi

Sementara jika melawan Kaesang terangnya, Anies mendapatkan 46,5 persen suara, Kaesang 15 persen, dan belum jawab atau tidak tahu 38,5 persen.

Adapun survei ini dilakukan dengan menggunakan metode double sampling. Sampel sebanyak 500 responden dipilih secara acak dari database sampel survei tatap muka yang telah dilakukan SMRC sebelumnya dengan jumlah proporsional menurut kabupaten/kota untuk mewakili pemilih Jakarta. 

Untuk mendapatkan sampel yang proporsional dari responden yang memiliki telpon tersebut terhadap karakteristik populasi Jakarta dilakukan pembobotan terhadap sampel terpilih. 

Untuk margin of error survei diperkirakan +/-4.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dilakukan pada 8-12 Agustus 2024.

Ketum PSI Kaesang Pangarep Berikan Rekomendasi Pilkada 2024 Untuk Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya