Cak Imin Blak-blakan Ungkap Alasan PKB Koalisi dengan Gerindra

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan partainya siap mendukung pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia mengatakan kesiapan bergabung PKB dengan Gerindra demi meluruskan ekonomi Indonesia. 

DPRD Jakarta Tunda Rapat Bahas Pengganti Pj Gubernur Heru Budi

"Saya ingin sampaikan saya dan PKB sudah berkoalisi dengan Gerindra, dan salah satu yang membuat kami berdua PKB dan Gerindra cocok adalah, kami sama-sama ingin meluruskan ekonomi berbasis konstitusi," kata Cak Imin di Jakarta Selatan, Minggu, 18 Agustus 2024.

"Ekonomi berbasis konstitusi, ekonomi yang berbasis kepada keberpihakan pada ekonomi kerakyatan," sambungnya.

Konflik dengan PKB, Gus Ipul Pastikan Kinerjanya Sebagai Menteri Sosial Tidak Terganggu

Di sisi lain, Cak Imin mengaku pembicaraan terkait dukungan kepada Prabowo sudah dilakukan sejak keputusan MK dan KPU saat hasil Pilpres diumumkan.

"PKB sudah melakukan pembicaraan intensif dari sejak keputusan MK dan keputusan KPU hasil Pilpres. Jadi pak Prabowo juga pernah datang ke kantor PKB, kita bersepakat akan memantapkan perjalanan koalisi yang akan datang," katanya.

Mangkir 2 Kali, Anggota Pansus Haji DPR Ingin Gandeng Polisi Panggil Paksa Menag Yaqut

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar di Kertanegara

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Sebelumnya, Wakil ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid alias Gus Jazil mengungkap isi pertemuan antara ketua umumnya Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Gus Jazil menyebut pertemuan itu berlangsung begitu akrab, hangat dan penuh kekeluargaan. Ia turut menyampaikan PKB berkomitmen bersinergi dengan Gerindra untuk pemerintahan ke depan.

“Memang Pak Muhaimin menyampaikan hasil Mukernas tanggal 23 Juli, bahwa PKB berkomitmen untuk bersama-sama mensukseskan pemerintahan bersama Gerindra ya, mensukseskan pemerintahan ke depan,” kata Gus Jazil di markas DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan pihaknya turut membahas tantangan Indonesia ke depan yang mesti diselesaikan. Di antaranya seperti pertanian dan ketahanan pangan maupun energi.

Selain itu, pertemuan tersebut juga bahas reformasi birokrasi digital agar berjalan baik dan tidak menguras banyak angggaran pemerintah.

“Yang jelas akan kami tindaklanjuti kebersamaan bersama partai Gerindra, sinergi dengan partai Gerindra dalam momen-momen politik termasuk pilkada,” jelasnya.

Waketum PKB, Jazilul Fawaid

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya