Hasto Buka Peluang PDIP Koalisi dengan PKB di Pilgub Jakarta, Tunggu Hasil Muktamar

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto membuka peluang partainya berkoalisi dengan PKB di Pilgub Jakarta 2024. Ia mengaku akan menunggu hasil Muktamar PKB.

Hal Ini Buat Milenial dan Gen Z Poso Pilih Anwar-Reny di Pilgub Sulteng

"Kita tunggu muktamar PKB. PKB juga baru melakukan langkah konsolidasi," kata Hasto kepada wartawan di kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Minggu, 18 Agustus 2024.

Di sisi lain, Hasto menegaskan bahwa tak boleh ada pihak mana pun ikut campur dalam pengambilan keputusan partai politik.

Khofifah Dinilai Banyak Berikan Kemajuan Bagi Jatim, Termasuk Pengembangan Ponpes

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

"Tidak boleh pihak manapun yang mencoba mengintimidasi kedaulatan setiap warga bangsa, kedaulatan juga parpol untuk mengambil keputusan," kata dia.

PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

Hasto memastikan PDIP berada di barisan pihak-pihak yang berani menentukan nasib bangsa dengan berani mengambil keputusan sendiri.

"Maka semangat kemerdekaan ini adalah semangat untuk berusaha, semangat untuk bebas menyatakan pikiran dan pendapatnya," tutur dia.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan akan mengumumkan calon yang diusung dalam Pilkada Jakarta pada 23 Agustus 2024 mendatang.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB, Syaiful Huda memastikan pengumuman itu akan dilaksanakan sebelum Muktamar PKB digelar. Adapun Muktamar PKB dijadwalkan akan berlangsung pada 24-25 Agustus 2024.

"Sudah, semoga tanggal 23-an semoga ya semoga ya," ujar Huda kepada wartawan di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2024.

Di sisi lain, Huda mengaku partainya belum memutuskan apakah akan mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Ia juga tidak bisa memastikan apakah PKB justru menutup pintu untuk calonkan Anies. "Belum kita putuskan, tapi DPW sudah mengusulkan," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya