Hasto PDIP Tak Masalah soal Isu Reshuffle Menteri: Itu Hak Prerogratif Presiden

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA – PDIP mengaku tak mempersalahkan wacana reshuffle Menteri Kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). PDIP menilai hal tersebut bisa menjadi momentum pihaknya untuk melakukan bersih-bersih. 

Sinyal PDIP Dukung Pemerintahan Prabowo, Gerindra: Tujuan Kita Sama, Sering Ketemu di Perempatan

"Ya enggak ada masalah, tinggal berapa hari. Malah bisa siap-siap bersih-bersih lebih awal," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto kepada wartawan di kawasan GBK, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Agustus 2024.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
Tidak Diusulkan Jadi Pj Gubernur, Heru Budi: Terima Kasih DPRD Jakarta

Sebelumnya juga Hasto menyebut partainya selalu menjunjung tinggi konsep tata pemerintahan yang baik. Makanya, kata Hasto, PDIP menghormati hak prerogratif yang dimiliki oleh Presiden Joko Widodo.

“Sejak dulu dalam konsep tata pemerintahan yang baik, Presiden punya hak prerogatif. Kita menghormati hak prerogatif dari Presiden itu,” ujar Hasto.

KPU Terima Berkas Pendaftaran Masinton Sebagai Bacabup Tapanuli Tengah

Hasto menegaskan, sejak awal partainya tak pernah meminta jatah menteri kepada Presiden Jokowi, meski mengantarkan kemenangan dua kali Pemilu untuknya. Hasto pun menegaskan, sejak awal partainya selalu membuka pintu kerja sama dengan partai lain di kabinet.

“Sejak awal kita kan enggak pernah neko-neko. Ketika kami menghantarkan jadi Presiden, apakah kemudian kami minta seluruh menteri? Kan juga tidak. Kami bisa bekerja sama dengan partai politik. Kami enggak pernah melakukan tekanan-tekanan. Tidak pernah ada dendam terhadap masa lalu. Kami menatap masa depan,” ungkap Hasto.

Berdasarkan isu yang beredar, Jokowi bakal melakukan reshuffle terhadap menteri dari PDIP dan Partai Nasdem. 

Keduanya adalah Menkumham Yasonna Laoly (PDIP) yang dikabarkan akan diganti oleh Supratman Andi Agtas. Lalu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (Nasdem) bakal diganti oleh Raja Juli Antoni, yang kini Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang. Raja Juli saat ini menjabat Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Selain itu, nama yang kembali santer bakal dirombak yaitu Menteri ESDM Arifin Tasrif. Isunya Arifin bakal digantikan Bahlil Lahadalia yang sekarang menjabat Menteri Investasi.

Terkait isu reshuffle, Jokowi kembali menanggapi isu adanya perombakan Menteri Kabinet Indonesia Maju atau reshuffle sisa masa jabatan periode 2019-2024. 

Kata Jokowi, untuk reshuffle itu memang merupakan hak prerogratif dari Presiden Republik Indonesia. “Saya masih punya hak prerogratif itu,” kata Jokowi di Kalimantan Timur pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya