Tak Hadir ke IKN, Jokowi Hormati Megawati dan SBY Rayakan HUT RI Masing-masing

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di Istana Negara IKN
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaklumi tidak hadirnya mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

“Ya karena beliau-beliau kan juga ada kegiatan yang sangat penting di tempat yang berbeda,” kata Jokowi di Istana Negara IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memimpin Upacara HUT Ke-79 RI di Masjid At-Taufiq, Sekolah Partai, Jakarta, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Photo :
  • ANTARA
Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Tentu, Jokowi menghormati Megawati dan SBY yang memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia masing-masing. Diketahui, Megawati merayakannya di Jakarta dan SBY merayakan di Pacitan, Jawa Timur.

“Saya kira kita harus menghargai karena beliau-beliau juga merayakan hari ulang tahun kemerdekaan di Jakarta, di Pacitan saya kira. Merayakan dimana pun sama,” ujarnya.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berjalan lancar pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

"Ya semuanya Alhamdulillah berjalan dengan lancar," kata Jokowi di Istana Negara IKN.

Kata Jokowi, seluruh rangkaian pelaksanaan Upacara HUT RI dimulai dari apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, IKN hingga penurunan Bendera Merah Putih pada sore ini.

"Semuanya berjalan dengan baik, cuaca juga sangat mendukung," ujarnya.

Memang, kata dia, cuaca sempat hujan usai dilaksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sehingga suasananya jadi sejuk ketika proses penurunan Bendera Merah Putih.

"Pas kita istirahat, hujan sehingga suasana sejuk, suasana tidak panas, suasana upacara menjadi sangat khidmat," jelas dia.

Tak luput, Jokowi menyampaikan Dirgahayu Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-70 untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi kita mengucapkan Dirgahayu Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-79 untuk seluruh rakyat sebangsa dan se-Tanah Air," ucapnya.

Saat Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tampak hadir Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Istana Negara, IKN. Selain itu, terlihat juga Ketua DPR RI Puan Maharani serta Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Rachmat Gobel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya