Hasto Janji Bakal Hadir Pemeriksaan KPK, Siap Bongkar Dana Kampanye

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan bakal hadir memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa, 20 Agustus 2024. Hasto diperiksa sebagai saksi.

Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

Pemanggilan itu terkait pengusutan kasus dugaan korupsi proyek jalur kereta di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kementerian Perhubungan.

"Dan, saya akan hadir untuk memberikan penjelasan mengapa nomor handphone saya bisa di situ, sekaligus menjelaskan saya sebagai Sekretaris Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Pimpinan Ingin KPK Nanti jadi Oposisi Pemerintahan Prabowo Subianto

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • KPK.go.id

Hasto juga menggaransi ia akan kooperatif. Apapun yang ditanyai penyidik, sekiranya dirinya mengetahui, akan dijelaskan nanti kepada penyidik termasuk kalau ditanya soal dana kampanye di Pilpres 2019.

Pencarian Harun Masiku, KPK Temukan Mobilnya yang Diparkir Bertahun-tahun

"Apa pun yang diminta KPK, termasuk mereka misalnya seluruh dana kampanye dilaporkan, saya akan menjawab dengan baik," kata Hasto.

KPK sebelumnya menjadwalkan pemeriksaan atas Hasto pada Jumat, 16 Agustus 2024. Namun, Hasto memilih mendatangi KPK pada Kamis, 15 Agustus dan meminta pemeriksaan dipercepat satu hari.

Permintaan Hasto itu tak bisa dipenuhi KPK karena jadwal pemeriksaan yang sudah penuh.

Hasto sebelumnya mengakui bahwa salah satu tersangka dalam kasus DJKA pernah memberikan uang untuk Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya