Puan Minta Presiden Tak Lagi Punya Ambisi Pribadi Membangun Indonesia

Presiden RI JokowI di sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPR 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta kepada setiap presiden, gubernur dan bupati/wali kota untuk tidak memiliki ambisi pribadi dalam membangun Indonesia.

Ridwan Kamil Pamer Kontribusinya untuk Jakarta saat Jadi Penasihat Sutiyoso dan Fauzi

"Setiap presiden, gubernur, dan bupati/walikota tidak lagi memiliki ambisi visi misi pribadi masing-masing dalam membangun Indonesia," kata Puan dalam pidato Sidang Paripurna ke-1 masa sidang 2024-2025 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Ia menjelaskan bahwa DPR RI bersama Pemerintah dan DPD RI akan memfokuskan pada pembahasan terhadap 17 RUU yang masih berada pada tahap Pembicaraan Tingkat I.

Ridwan Kamil Bakal Contek Gaya 'Oke Gas' Prabowo saat Kampanye Pilkada Jakarta

Momen Presiden Jokowi dengan Prabowo Jalan Bereng Usai Sidang Tahunan MPR DPR

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Ia menambahkan salah satu agenda pembentukan Undang-Undang yang sangat strategis dan saat ini sedang dalam pembicaraan tingkat I adalah Undang Undang tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Periode Tahun 2025-2045.

IKN Bakal Dibuka Untuk Umum Hari Ini, Begini Cara Masuknya

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Periode Tahun 2005-2025 diatur oleh Undang Undang Nomor 17 Tahun 2007.

"Kita, secara kolektif, harus memiliki Politik Pembangunan Indonesia yang terencana, terkoordinasi, dan berkelanjutan," ujar Puan.

Puan mengatakan dalam periode selanjutnya akan dibentuk Undang-Undang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045. Keberadaan Undang-Undang ini ke depan, perlu dioptimalkan dalam memberikan arah dan prioritas pembangunan nasional secara menyeluruh, terencana dan berkelanjutan.

Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

"Perencanaan Pembangunan Nasional hendaknya memastikan bahwa usaha dan kerja keras kita dalam membangun Indonesia, memiliki arah dan tujuan bersama," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya