Puan: Pemilu 2024 yang Manis, Pahit, Getir Harus Jadi Bahan Instrospeksi

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Sidang Tahunan 2024 MPR bersama DPR dan DPD
Sumber :

Jakarta, VIVA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti penyelenggaraan Pemilu 2024. Menurutnya, Pemilu 2024 yang harus menjadi instrospeksi dan bahan pembelajaran untuk pelaksanaan Pilkada Serentak.

Survei: Pemilih Segmen Lintas Agama Solid Pilih Amsakar-Li Claudia di Pilwalkot Batam 2024

"Kita akan melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di 37 provinsi dan pemilihan bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota di 508 kabupaten/kota," kata Puan dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024. 

"Kita semua berkomitmen bahwa segala peristiwa yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden serentak pada bulan Februari 2024 yang baru lalu, baik yang manis, maupun yang pahit apalagi getir, menjadi bahan introspeksi dan pelajaran penuh hikmah bagi kita semua, sebagai bangsa Indonesia," katanya.

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Puan menyebut, hal-hal yang berjalan baik selama Pemilu 2024 harus dipertahankan; sebaliknya, hal-hal yang melenceng dari prinsip demokrasi harus diperbaiki menjelang Pilkada Serentak.

Berdampak ke Industri, DPR Sebut Aturan Kemasan Rokok Polos Rugikan Sektor Tembakau

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

"Yang sudah baik mari kita pertahankan, dan yang masih kurang baik, terutama yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi tentu harus kita perbaiki," tandas Puan.

Bakal cagub Jakarta, Ridwan Kamil usai acara Deklarasi Relawan Jaringan Pelayan Masyarakat untuk RIDO, di Jakarta Utara, Senin, 16 September 2024.

Bocoran RK soal Timsesnya: Diisi Ahli, Profesor, Anak Muda yang Enggak Berpartai

Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) membocorkan struktur tim sukses (timses) RK-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024