Sekjen DPR: Prabowo Tak Diundang dalam Sidang Tahunan sebagai Calon Presiden Terpilih

SIDANG TAHUNAN MPR RI, SIDANG BERSAMA DPR RI - DPD RI
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA - MPR/DPR/DPD RI akan menggelar sidang tahunan sekaligus mendengar pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada, Jumat, 16 Agustus 2024. 

Heboh 6 Juta NPWP Termasuk Jokowi hingga Sri Mulyani Diduga Bocor, Ditjen Pajak Buka Suara

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan pihaknya hanya mengundang Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dalam sidang tahunan ini. Sedangkan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tak diundang.

"Jadi, untuk presiden terpilih dan wapres terpilih secara formil tidak kami undang mengingat keterbatasan, karena hari ini tata letak kursi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di panggung utama itu hanya ada Presiden, Wakil Presiden dan pimpinan sidang ketua MPR, DPR dan DPD," kata Indra kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Di HUT Partai Buruh, Prabowo Subianto Ajak Rapatkan Barisan: Tidak Dipecah Belah Kekuatan Tertentu

Indra menjelaskan, jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju yang biasanya ditempatkan di stage utama akan berpindah. Mereka akan ditempatkan di blok B yang sebelumnya menjadi tempat untuk para duta besar. Sementara para duta besar akan digeser ke blok B bersama dengan para anggota DPR dan DPD di bagian belakang.

Prabowo: Saya Sudah Lama Berjuang Bersama Kaum Buruh se-Indonesia

Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Prabowo Subianto mengadakan pertemuan dengan para pimpinan perusahaan besar di Prancis yang berada di bawah naungan Kadin Prancis (sumber: Biro Humas Setjen Kemhan)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

"Karena keterbatasan itu maka [calon] presiden terpilih dan  [calon] wakil presiden terpilih tidak diundang," ujarnya.

Meski begitu, Indra menyebut pihaknya tetap mengundang Prabowo Subianto dengan kapasitas sebagai Menteri Pertahanan RI dan Ketua Umum Partai Gerindra.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal, Demo Buruh Mahkamah Konstitusi, MK

Partai Buruh Pragmatis dengan Dukung Pemerintahan Prabowo, Menurut Profesor Politik

Pakar yang juga Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas menilai Partai Buruh bersikap pragmatis dengan mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024