SBY Absen di Sidang Tahunan MPR/DPR 2024

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Sumber :
  • dok. Istimewa

Jakarta, VIVA – Sejumlah mantan presiden dan mantan wakil presiden RI dikabarkan telah mengkonfimasi kehadirannya sebagai undangan dalam sidang tahunan MPR-DPR dan DPD RI 2024. Namun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpotensi absen pada sidang tahunan MPR/DPR kali ini. 

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

“Megawati, Try Sutrisno, Boediono, Jusuf Kalla konfirmasi hadir. SBY tidak hadir,” kata Sekjen DPR, Indra Iskandar kepada wartawan, Jumat, 16 Agustus 2024. 

Sekjen DPR RI Indra Iskandar

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana
Situs Gerindra.org Diadukan ke Polisi, Diduga Berupaya Adu Domba Jokowi-Prabowo

Sementara presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024, kata Indra, tidak diundang pihaknya, mengingat keterbatasan. Namun, ungkap dia, Prabowo Subianto tetap diundang sebagai Menhan RI sekaligus Ketum Parpol. 

“Presiden dan Wakil Presiden terpilih tidak diundang mengingat keterbatasan yang ada, tapi Prabowo akan hadir atas atribusinya sebagai Menhan dan Ketum Parpol,” imbuhnya

Resmi Terpilih Jadi Ketua Umum Kadin di Munaslub, Anindya Bakrie Ingin Lapor ke Jokowi

Ditambahkan dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang juga akan menyampaikan 2 pidato penting. 

Diketahui, Jokowi memasuki purna tugas sebagai kepala negara pada 20 Oktober 2024. Sehingga, hari ini adalah terakhir kali Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan DPR/MPR/DPD RI. 

Pidato pertama akan disampaikan Presiden Jokowi dalam rangka Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI Tahun 2024. Pidato ini dijadwalkan sekitar pukul 09.00 WIB.

Selanjutnya, pada siang hari ini, Presiden akan menyampaikan pidato kedua dalam rangka Penyampaian RUU Tentang APBN Tahun 2025 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2024-2025. Pidato tersebut dijadwalkan sekitar pukul 13.50 WIB.

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI Bersama DPR dan DPD 2023

Photo :
  • (Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)

Pidato presiden itu juga dapat disaksikan oleh masyarakat melalui siaran langsung di stasiun televisi nasional dan live streaming di akun YouTube resmi DPR RI. Rangkaian sidang tahunan ini bakal dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya