PKB Pasuruan Putuskan Dukung Cak Imin jadi Ketum PKB Lagi di Muktamar

Rapat Pleno DPC Pasuruan (Doc: Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Pasuruan, VIVA – Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa, DPC PKB Kabupaten Pasuruan, memutuskan arah dukungan dan proses pemilihan kepemimpinan partai ke depannya.

PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Hindun Anisah, menjelaskan kalau pihaknya sudah menggelar rapat pleno. Pleno dilakukan untuk memutuskan siapa yang akan didukung pada Muktamar PKB di Bali nanti.

"Berdasarkan hasil pleno seluruh jajaran, kami DPC PKB Kabupaten Pasuruan dengan tegas menyatakan dukungan penuh kepada Gus Muhaimin Iskandar untuk kembali memimpin PKB untuk periode selanjutnya pada Muktamar Bali mendatang,” ujar Ning Hindun usai rapat pleno, di Pasuruan, Kamis, 15 Agustus 2024.

PKB Tak Diajak Bahas Kabinet Prabowo, Gerindra: Itu Hak Prerogatif Presiden

Dalam kesempatan yang sama, Ning Hindun menegaskan bahwa sikap dukungan terhadap politisi yang akrab disapa Cak Imin untuk kembali menjadi Ketua Umum PKB, bukan dilakukan secara tiba-tiba.

“Sikap kami dari awal sudah jelas, kami akan mendukung kembali Gus Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB. Mustasyar, Dewan Syuro, Tanfidziyah, Banom, DPAC (kecamatan) dan DPRt (desa) solid mendukung Gus Muhaimin. Ini aspirasi dari bawah,” jelasnya.

Cak Imin Ngaku Gak Diundang KIM Bahas Kabinet Prabowo: PKB Sama Sekali Tak Dilibatkan

Selain mendukung Cak Imin, rapat pleno DPC PKB Kabupaten Pasuruan juga mengusulkan perubahan dalam proses pemilihan kepemimpinan.

"Kami mengajukan agar pemilihan Dewan Syuro dan Ketua Umum dilakukan melalui musyawarah mufakat. Ini bertujuan untuk memperkuat kebersamaan dan solidaritas internal partai, juga memastikan bahwa keputusan yang diambil merupakan hasil dari konteks yang luas," ujarnya.

Dukungan terhadap Cak Imin sebagai ketua umum kembali dinilai sebagai langkah strategi untuk melanjutkan kepemimpinan yang sudah terbukti efektif dalam memajukan partai.

"Semua mengenal Gus Muhaimin Iskandar sebagai sosok yang mampu memperkuat PKB di kancah politik nasional dan meningkatkan konsolidasi posisi internal partai," ujannya.

Sebagai informasi, Muktamar PKB yang akan digelar di Bali diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperkuat dan memperjelas arah serta strategi partai menjelang pemilu mendatang.

Dengan adanya dukungan yang kuat dari berbagai daerah, diharapkan PKB dapat tampil lebih solid dan siap menghadapi tantangan politik ke depan.

Dukungan terhadap Gus Muhaimin Iskandar dan usulan pemilihan yang berbasis musyawarah mencerminkan tekad partai untuk memperkuat struktur internal dan meningkatkan kapabilitasnya di kancah politik.

"Dengan adanya keputusan ini, PKB Kabupaten Pasuruan berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam proses pemilihan pimpinan partai di Muktamar Bali dan memastikan bahwa PKB tetap menjadi kekuatan politik yang solid dan berpengaruh di masa depan," pungkas Ning Hindun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya