Ketua Gerindra Aceh Resmi Jadi Pendamping Muzakir Manaf di Pilgub 2024

Ketua DPP Partai Aceh, Muzakir Manaf. VIVA/Dani Randi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Banda Aceh, VIVA - Tim seleksi calon kepala daerah (cakada) Partai Aceh resmi menetapkan Ketua DPD Partai Gerindra Aceh, Fadhlullah sebagai calon wakil Gubernur Aceh untuk mendampingi Muzakir Manaf di Pilgub 2024.

Bocoran RK soal Timsesnya: Diisi Ahli, Profesor, Anak Muda yang Enggak Berpartai

Ketua tim seleksi cakada Partai Aceh Nurlis Effendi membenarkan bahwa pihaknya sudah menetapkan Cagub Muzakir Manaf dan Fadhlullah sebagai Cawagub.

“DPP Partai Aceh memilih dan menentukan Ketua DPD Gerindra Aceh, Fadhlullah (Dek Fad), sebagai Calon Wakil Gubernur Aceh untuk pasangan Calon Gubernur Aceh Muzakir Manaf (Mualem),” ujar Nurlis kepada wartawan, Kamis, 15 Agustus 2024.

Survei: Pemilih Segmen Lintas Agama Solid Pilih Amsakar-Li Claudia di Pilwalkot Batam 2024

Dia mengakui terpilihnya Fadhlullah sebagai bakal calon wakil gubernur dari Partai Aceh itu diwarnai sejumlah dinamika politik baik dari partai koalisi maupun dari internal Partai Aceh sendiri.

Alasan mengambil Fadhlullah untuk mendampingi Mualem, kata Nurlis, berkaitan dengan kepentingan-kepentingan strategis Aceh di tingkat nasional. “Sehingga dibutuhkan keputusan-keputusan yang dipikirkan dengan matang,” ujarnya.

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Beberapa tahapan berikutnya, kata dia yaitu penandatanganan pakta integritas dan juga tatap muka dengan Ketua Tuha Peuet Partai Aceh Malik Mahmud Al Haytar yang saat ini menjabat sebagai Wali Nanggroe Aceh.

“Politik ini kan dinamis, dapat terjadi perkembangan setiap saat. Saya kira setiap politisi memahaminya,” katanya.

Sejauh ini pasangan Muzakir Manaf dan Fadhlullah sudah didukung oleh Partai Demokrat, PKS, Gerindra, PDIP dan Partai Aceh. Diketahui Fadhlullah saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2019-2024. Di pileg 2024 lalu, Fadhlullah gagal lolos kembali ke Senayan.

Pasangan ini juga disebut sama-sama loyalis pendukung Prabowo Subianto di Pilpres. Fadhlullah dan Muzakir Manaf juga dinilai punya chemistry lama. Hal itu diketahui bukan hanya di politik lantaran keduanya adalah eks Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Saat itu, Muzakir adalah Panglima GAM, sementara Fadhlullah berstatus eks Komandan Operasi GAM wilayah Kabupaten Pidie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya