Pilkada Mahakam Ulu Kaltim, Elektabilitas Owena Mayang-Stanislaus Posisi Teratas

Ilustrasi Pemilu 2024.
Sumber :
  • VIVA

Jakarta, VIVA - Indonesia Survey Center merilis hasil riset terbarunya dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur (Kaltim). Dari temuannya, ada beberapa hasil yang direkam Indonesia Survey Center.

Survei: Pemilih Segmen Lintas Agama Solid Pilih Amsakar-Li Claudia di Pilwalkot Batam 2024

Direktur Riset dan peneliti senior Indonesia Survey Center, Chairul A Pane menjelaskan dalam temuan pihaknya, ada 3 figur yang berpotensi maju di Pilkada Mahakam Ulu 2024. Ketiga figur itu Owena Mayang Shari Belawan, Novita Bulan dan Yohanes Avun.

Chairul menyampaikan dalam survei dilakukan simulasi head to head. Dalam simulasi itu, responden survei ditanya figur bakal calon Bupati Mahakam Ulu yang dipilih jika Pilkada dilakukan hari ini. 

Survei: Kamala Harris Unggul 47 Persen dari Donald Trump

Ia pun merincikan hasil survei yaitu simulasi head to head antara Owena Mayang vs Yohanes Avun. Hasilnya, Owena Mayang 43,9% dan Yohanes 22,7%.  Sementara, jumlah pemilih yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters ada 35,2%.

Lalu, Owena Mayang vs Novita Bulan dengan hasil 41,8% vs 24,7%. Kemudian, ada undecided voters 33,5%. Simulasi head to head lainnya yaitu Novita Bulan vs Yohanes Avun dengan 23,7% vs 29,3%.  "Hasil Novita vs Yohanes ada undecided voters 47%," kata Chairul, dalam keterangannya, Kamis, 15 Agustus 2024.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Pemungutan suara atau pencoblosan di pemilu. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu, Indonesia Survey Center juga melakukan simulasi terhadap pasangan. Dari tiga pasangan calon Bupati-Wakil Bupati yang maju dalam Pilkada 2024, siapa yang paling berpotensi dipilih rakyat Mahakam Ulu. Hasil survei yakni Novita Bulan-Artya Fathra Martin dengan 18,7%.

"Owena Mayang - Stanislaus Liah 19,5%. Yohanes Avun - Yohanes Juan Jenau 19,5%. Dan, undecided voters 21,6%," lanjut Chairul.

Chairul menambahkan agar lebih konkret, Indonesia Survey Center juga melakukan simulasi lanjutan untuk head to head pasangan calon. Dari simulasi itu, Novita-Artya vs Owena-Stanislaus mendapatkan hasil 28,4% vs 47,5%. Undecided voters dari simulasi itu 24,1%.

"Owena-Stanislaus vs Yohanes Avun-Yohanes Juan 48,1% vs 29,7%. Undecided voters 22,2%. Novita-Artya vs Yohanes Avun-Yohanes Juan 24,5% vs 27,3%. Undecided voters 48,2%," tutur Chairul.

Dia menekankan dalam survei baik simulsasi 3 calon atau 2 calon (head to head), Owena Mayang Shari Belawan dan simulasi duet dengan Stanislaus Liah selalu unggul di posisi teratas.  "Dalam baik 3 pasangan atau 2 pasangan selalu keluar sebagai pemenang," kata Chairul.

Chairul menyimpulkan peluang Owena Mayang untuk jadi Bupati Mahakam Ulu cukup tinggi. Sebab, ada data yang dikemukakan dalam survei, 57,9% responden mengaku yakin dengan pilihan politiknya itu untuk Pilkada 2024. Sementara, yang masih berstatus swing voters sebanyak 42,1%.

Adapun dalam survei, Indonesia Survey Center melibatkan 400 responden sebagai sampelnya. Para responden adalah para penduduk di Kabupaten Mahakam Ulu yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau mereka yang sudah memiliki KTP. 

Survei menggunakan teknik multistage random sampling dengan cara direct interview yang menggunakan bantuan kuesioner.

Survei dilakukan dalam rentang waktu 3 - 12 Agustus 2024. Lalu, margin of error (MoE) +/- 4,9 persen dan tingkat kepercayaan sebanyak 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya