Cak Imin Sowan ke Kiai Senior NU, Lapor Konflik PKB Vs PBNU

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Mukernas PKB.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sowan ke senior NU Syukron Makmun di Pondok Pesantren Daarul Rahman, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis, 15 Agustus 2024. Dalam kesempatan itu, Cak Imin mengaku melaporkan konflik PKB dengan PB NU kepada Syukron Makmun. 

PKB: Kita Tunggu Saja Kinerja 39 Hari Gus Ipul

"Ya saya juga melaporkan PKB-NU. Saya tegaskan dan beliau setuju NU dan PKB tidak ada hubungan organisasi. Hubungannya hanya kultural, aspirasi dan juga historis," ujar Cak Imin.

Cak Imin mengingatkan bahwa PB NU tidak boleh ikut campur urusan PKB. Pasalnya, kata dia, keberadaan PKB dan PB NU dilindungi oleh konstitusi.

Susunan Lengkap Pengurus DPP PKB 2024-2029: Cak Imin Ketum, Ma'ruf Amin Dewan Syuro

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya di pelantikan PWNU Jateng

Photo :
  • TVNU

"Sehingga tidak boleh NU ikut-ikut campur tangan karena kita dilindungi konstitusi, PKB dilindungi undang-undang partai politik, Nahdlatul Ulama dilindungi oleh undang-undang ormas," kata Cak Imin.

PKB 'Husnudzon' KPK Geledah Rumah Mendes Murni Penegakan Hukum

"Jadi, mohon kepada teman-teman di PB NU, itu teman saya semua itu, meskipun kiai tetapi teman saya semua. Itu adalah untuk taat pada konstitusi, karena kami dan kalian dilindungi oleh UU," ujarnya.

Cak Imin mengatakan PKB dan NU sama-sama dilindungi konstitusi: PKB dilindungi oleh UU Parpol dan NU dilindungi oleh UU Ormas. 

"Konstitusi ada dua, konstitusi UU Ormas dan konstitusi parpol. Kedua konstitusi AD/ART masing-masing. Kami punya AD/ART, anda punya AD/ART. Mari kita saling hormati dan menghargai," katanya.

Ketua KPK Nawawi Pomolango di DPR RI

Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan selama 5 tahun menjabat, tidak pernah sekalipun kami diundang untuk membicarakan KPK di Istana

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024