Nurdin Halid Sebut Golkar Sudah Terbiasa Hadapi Turbulensi Politik Apapun

Nurdin Halid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir

Jakarta, VIVA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid mengatakan bahwa partai berlambang pohon beringin itu sudah terbiasa dalam menghadapi turbulensi, seperti peralihan kepemimpinan yang berlangsung singkat pada akhir-akhir ini.
 
Buktinya, kata dia, Airlangga Hartarto yang menyatakan mundur sebagai Ketua Umum pada Minggu, 11 Agutus 2024, lalu dua hari kemudian sudah langsung ada penggantinya. Pada Selasa, Partai Golkar mengumumkan Agus Gumiwang Kartasasmita diangkat menjadi Plt Ketua Umum.
 
"Sesudah itu kita menetapkan Rapimnas, kemudian Munas, karena Rapimnas adalah bagian daripada institusi organisasi untuk menjustifikasi pelaksanaan Munas," kata Nurdin di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2024.

Ini Tempat Duduk Paling Aman Jika Terjadi Turbulensi Hingga Kecelakaan Pesawat

Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

 
Walaupun terbilang berlangsung singkat, menurutnya, keputusan-keputusan partai tersebut dilalui dengan musyawarah dan mufakat, sehingga nantinya pemilihan ketua umum definitif pun tidak akan terhambat dalam proses Munas.

Pemerintah Bakal Revisi Aturan Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Benefit Akan Naik

 
Selain itu, menurutnya, turbulensi yang terjadi di Partai Golkar itu pun bukan merupakan "cawe-cawe" dari pemerintah, karena dia mengaku sudah memimpin Munas Partai Golkar selama tiga kali, dan tidak ada intervensi tersebut.
 
"Karena kita punya mekanisme dan sistem tersendiri," kata mantan ketua umum PSSI itu.
 
Pada Selasa malam, Rapat Pleno DPP Partai Golkar memutuskan memilih Agus Gumiwang sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto yang menyatakan mundur sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Achmad Yani: Penetapan Pimpinan DPRD Jakarta Diumumkan Pekan Depan

Ilustrasi Partai Golkar.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

 
Dia pun mengumumkan bahwa pelaksanaan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) dan musyawarah nasional (Munas) pada 20 Agustus 2024. Beberapa hal yang akan dibahas dalam Rapimnas dan Munas tersebut yakni langkah politik partai hingga penentuan Ketua Umum Partai Golkar. (ant)

Pembangunan pabrik bahan baku baterai mobil listrik di Morowali.

Minister: EV Battery Raw Material Factory Can Boost Morowali's Economy

A factory for electric vehicle battery raw materials has begun construction in Buleleng Village, Bungku Pesisir District, Morowali Regency, Central Sulawesi.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024