Agus Gumiwang Jadi Plt Ketua Umum Golkar, Ini Kata Airlangga

Presiden Jokowi Beri Tanda Kehormatan RI Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto buka suara soal ditunjuknya Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar dalam rapat pleno pada Selasa malam, 13 Agustus 2024. Diketahui, Airlangga mengundurkan diri dari posisi Ketua Umum Partai Golkar pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Sambangi Gedung Dewas KPK, Kaesang: Inisiatif Pribadi

“Biar itu partai,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 15 Agustus 2024.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyatakan kemundurannya dari jabatan dengan alasan dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan dam keutuhan Partai

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Kuliah Umum di Rusia, Megawati: Potensi Konflik Harus Segera Dimitigasi

Kemudian, Airlangga juga tidak mau berkomentar lebih jauh terkait keputusan mengundurkan diri dari Ketua Umum Partai Golkar, termasuk beredar kabar adanya tekanan untuk mundur. Sebab, Airlangga sudah menyampaikan secara jelas melalui video pekan lalu.

“Jelas dalam video. Video sudah jelas,” ujarnya.

Minister: EV Battery Raw Material Factory Can Boost Morowali's Economy

Selain itu, Airlangga juga tampaknya tidak mau berspekulasi lebih jauh terkait mundurnya dari Ketua Umum Golkar berimbas pada Pilkada Serentak 2024 atau tidak. Tentu, Airlangga menyerahkan sepenuhnya kepada DPP Partai Golkar.

“Itu urusan DPP,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Partai Golkar rampung menggelar rapat pleno untuk menentukan Pelaksana tugas atau Plt Ketua Umum Partai Golkar pengganti Airlangga Hartarto pada Selasa, 13 Agustus 2024 malam. Rapat pleno berlangsung sekitar 1,5 jam. 

Ketua DPP Partai Golkar, Meutya Hafid mengatakan dalam rapat pleno tersebut jajaran partai menerima surat pengunduran diri dari Airlangga Hartarto. Kemudian, dalam rapat pleno itu juga menyepakati bahwa Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar.

"Rapat pleno telah mengesahkan Plt Ketua Umum adalah yang terhormat Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita," kata Meutya di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Sementara, Agus Gumiwang mengatakan pleno partai berlangsung dengan musyawarah mufakat untuk memintanya menjadi Plt Ketua Umum Golkar menggantikan Airlangga.

"Bahwa dalam rapat pleno yang baru saja selesai secara musyawarah dan mufakat, saya diberikan amanah untuk memimpin Partai Golkar sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar," kata Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya