Surya Paloh Hormati Jika PDIP Usung Anies di Pilgub DKI

Anies Baswedan bersama Surya Paloh saat menghadiri buka puasa bersama Nasdem
Sumber :
  • Dok Nasdem

Jakarta, VIVA - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menghormati jika PDI Perjuangan (PDIP) mau mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur DKI pada Pilkada Serentak bulan November 2024. Namun, Surya Paloh menyebut sementara ini Anies mengalami kesulitan untuk maju Pilgub DKI Jakarta.

Perpanjangan Pengurus PDIP Digugat ke PTUN, Komarudin Watubun: Dicek Dulu Siapa Dalangnya

“Kita hargai itu (jika PDIP usung Anies),” kata Surya Paloh di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Presiden Jokowi Beri Tanda Kehormatan Republik Indonesia kepada Surya Paloh

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Pramono Sudah Jalani Tantangan Jokowi Sehari Turun ke-12 Titik

Kemudian, Surya Paloh mengatakan partainya belum ada pembahasan apakah akan gabung koalisi dengan PDIP apabila benar ingin mengusung Anies Baswedan ikut kontestasi Pilkada DKI pada November 2024 mendatang.

“Kita belum tahu, belum sampai ke situ,” ujarnya.

Megawati Digugat ke PTUN, Komarudin Watubun: Mana Bisa Lemahkan PDIP

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengisyaratkan Anies Baswedan sulit untuk bisa maju sebagai bakal calon Gubernur DKI pada Pilkada DKI 2024 mendatang. Sebab, kata dia, Anies harus memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang Pilkada.

“Pak Anies kalian tahu situasi yang ada. Barangkali susah beliau untuk maju dalam Pilkada Jakarta ini,” kata Surya Paloh di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Adapun, Surya Paloh mengatakan alasannya bisa ditanyakan langsung kepada Anies kenapa sulit untuk ikut Pilkada DKI pada 2024 nanti. “Coba tanya Pak Anies, hanya dia yang bisa menjawabnya. Diperlukan persyaratan untuk memenuhi ketentuan undang-undang yang ada,” ujarnya.

Menurut dia, salah satu faktor Anies susah maju Pilkada DKI karena Partai NasDem tidak bisa mengusung sendirian. Sehingga, perlu koalisi partai politik lain untuk bisa mengusung Anies ikut Pilkada DKI Jakarta.

“Saya sudah katakan tadi berulang kali, bahwa di dalam pencalonan ini enggak hanya Nasdem sendiri, supaya ini harus ada kelengkapan, jadi saling melengkapi, saling pengertian. Saya berpikir positif semuanya, tentu berpikir bagaimana yang terbaik yang bisa diberikan parpol dalam peran bersama,” ungkapnya.

Namun demikian, Surya Paloh tidak menjawab secara tegas sikap Partai Nasdem masih mendukung Anies atau tidak untuk Pilkada DKI pada November 2024. Justru, Surya Paloh hanya menyebut kalau Anies merupakan sahabat Partai Nasdem. “Yang jelas Anies adalah sahabat Nasdem, jelas itu,” tegas Surya Paloh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya