Daftar 4 Jenderal Purnawirawan TNI yang Diusung PDIP di Pilkada 2024

Letjen TNI (Purn) Joppy Onnes Letjen TNI (Purn) Eddy Rahmayadi Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito Letjen TNI (Purn) Jeffry Rawaharin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan lima orang nama purnawirawan TNI yang diusung sebagai calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Serentak 2024. Namun, apakah Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa akan menyusul untuk diusung oleh PDIP?

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Adapun purnawiran TNI yang diusung PDIP di antaranya Letjen TNI (Purn) Joppy Onnes diusung sebagai bakal calon gubernur (bacagub) di Provinsi Papua Barat Daya. Kemudian Letjen TNI (Purn) Eddy Rahmayadi diusung sebagai Bacagub Provinsi Sumatera Utara.

Sementara Letjen TNI (Purn) Jeffry Rawaharin diusung sebagai bacagub Provinsi Maluku. Lalu Mayjen TNI (Purn) Sulaiman Agusto yang diusung sebagai bakal calon wakil gubernur Sulawesi Tengah.

130 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Ini Daftar Namanya

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Wasekjen DPP PDIP Yoseph Aryo Adhi Dharmo mengatakan keempatnya hadir pada saat pengumuman yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di kantor pusat PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus 2204.

Misi Jaga IKN, Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Tetapkan Ratusan Personel Komcad

Bahkan, kata dia, mereka berfoto bersama Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komaruddin Watubun serta Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito yang terlebih dahulu masuk PDIP mejabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP.

Adhi mengatakan, PDIP memang membuka pintu bagi para calon pemimpin bangsa dari kalangan purnawirawan TNI. 

“Ini sebagai salah satu wujud komitmen partai dalam mengawal NKRI ini utuh seperti selalu diingatkan oleh Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati. Ibu Mega tak ingin, usia NKRI yang baru 79 tahun diobok-obok,” kata Adhi.

Saat ditanya lebih jauh apakah PDIP akan mengusung purnawirawan TNI lainnya, di pilkada kali ini, Adhi meminta semua pihak bersabar hingga diumumkan oleh ketua umum.

“Yang kali ini diumumkan sejumlah 305 wilayah dan sisa wilayah lainnya untuk bersabar.. nanti calon kepala daerah lainnya akan diumumkan oleh Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri pada waktunya,” kata Adhi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya