Respons Agus Gumiwang soal Sindiran Airlangga 'Kursi Diambil Bahlil'

Plt Ketum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita merespons sindiran keras Airlangga Hartarto soal 'kursi diambil' Bahlil Lahadalia. Momen itu terjadi saat para menteri di Kabinet Indonesia Maju era Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkumpul di IKN.

Airlangga Ungkap Pentingnya Genjot Belanja Pemerintah Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi

"Kan kalau guyon, itu kan suatu guyon kan," ucap Agus kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa, 13 Agustus 2024.

Menteri Bahlil mengambil kursi tempat duduk Kapolri di IKN

Photo :
  • Dok. Istimewa
Pemerintah Bakal Revisi Aturan Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Benefit Akan Naik

Agus pun menepis adanya intrik di internal Partai Golkar buntut guyonan Airlangga terhadap Bahlil itu. Dia menegaskan, suasana di IKN saat itu sangat hangat.

"Nggak, itu saya ada di situ, suasananya hangat sekali," tuturnya. 

Kapan Pembatasan BBM Subsidi Diberlakukan? Menteri Bahlil Ungkap Kabar Terbaru

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menyentil Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia usai mengambil kursi saat menikmati suasana pagi di Embung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Senin, 12 Agustus 2024. Diketahui, Airlangga baru saja mengumumkan pengunduran diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Awalnya, Airlangga dan Bahlil foto rangkulan bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. Usai Airlangga dan Bahlil foto berdua, akhirnya sejumlah menteri yang ada di situ berkumpul untuk sesi foto bareng-bareng. Nah, momen ini Airlangga menyindir Bahlil karena mengambil kursi yang ada di belakang Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Tampak, Airlangga duduk di antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Sedangkan, Kapolri berdiri di belakang Airlangga sambil memegang secangkir gelas dan tongkat komando. Ketika Bahlil menarik kursi yang ada di belakang Kapolri, Airlangga langsung menunjuknya.

“Kursinya Pak Kapolri aja diambil sama Pak Bahlil,” kata Airlangga.

Mendengar kelakar Airlangga itu, Bahlil langsung merespon sambil tertawa terbahak-bahak. Pun, sejumlah menteri yang ada juga sontak tertawa. “Masuk barang itu,” kata Bahlil.

Menteri Bahlil membawa kursi untuk duduk di IKN

Photo :
  • Dok. Istimewa

Selanjutnya, para menteri pun melakukan sesi foto bersama. Di sela-sela foto, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sempat bercanda karena Bahlil akhirnya memilih jongkok tanpa kursi. “Pak Bahlil enggak butuh kursi,” kata Ida.

Usai foto, Bahlil langsung merespons. “Kalau kita kursinya spesial. Kalau enggak ada, kita kasih,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya