Plt Ketum Agus Gumiwang Tidak Akan Maju di Pencalonan Ketum Golkar

Agus Gumiwang Kartasasmita
Sumber :
  • Kemenperin

Jakarta, VIVA – Pelaksana Tugas atau Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan dirinya tak akan maju sebagai kandidat calon ketua umum pada Musyawarah Nasional Munas Golkar. Munas akan digelar pada 20 Agustus 2024, bersamaan dengan Rapimnas.

Sambangi Gedung Dewas KPK, Kaesang: Inisiatif Pribadi

Diketahui, Munas adalah sebagai forum tertinggi di Partai Golkar untuk menentukan ketua umum partai untuk periode berikutnya.

"Saya tidak maju," kata Agus kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa, 13 Agustus 2024.

Kuliah Umum di Rusia, Megawati: Potensi Konflik Harus Segera Dimitigasi

Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Dia menjelaskan, Munas digelar untuk menentukan ketua umum definitif Golkar. Kata dia, Golkar membutuhkan ketua umum definitif untuk menghadapi agenda-agenda kenegaraan yang akan terlaksana dalam waktu dekat.

Maju Pilkada Kalbar, Ria Norsan: Bayangkan Bapaknya Mengabdi di Golkar 30 Tahun, Dipecat Anaknya

"Jadi gini, kenapa perlu diputuskan Plt ketua umum dan juga perlu dilakukan Munas segera, itu karena dalam menghadapi agenda-agenda kenegaraan yang dalam waktu dekat ini kita butuhkan ketua umum definitif," tuturnya.

Seperti diketahui, pilkada pada tahun 2024 ini akan mulai memasuki tahapan pendaftaran calon kepala daerah. Berdasarkan PKPU, pendaftaran para calon dilakukan pada 27 Agustus 2024. Calon harus mendapatkan rekomendasi partai pusat yang ditanda tangani ketua definitif, yang kepengurusannya disahkan lewat SK Kemenkumham.

Sebelumnya diberitakan, Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan partainya akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) pada 20 Agustus 2024.

Hal itu kata Agus telah disepakati dalam rapat pleno Partai Golkar yang digelar di Kantor DPP Partai Golkar, Selasa, 13 Agustus 2024 malam ini.

"Tadi di dalam rapat pleno sudah diputuskan, sudah disepakati bahwa Rapimnas insya Allah akan kita selenggarakan pada tanggal 20 Agustus yang akan datang," kata Agus kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat.

Agus menyebut, Rapimnas Partai Golkar akan digelar pada 20 Agustus 2024 pagi. Kemudian, pada malam harinya dilanjutkan dengan pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar.

"20 Agustus kita rencanakan pembukaan Rapimnas di pagi hari. Kemudian malam harinya, 20 Agustus malam kita rencanakan agenda pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar yang juga disepakati dan diputuskan akan digelar di Jakarta," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya