Pleno Partai Golkar Putuskan Rapimnas dan Munas Digelar 20 Agustus 2024

Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan partainya akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas dan Musyawarah Nasional atau Munas pada 20 Agustus 2024.

Maju Pilkada Kalbar, Ria Norsan: Bayangkan Bapaknya Mengabdi di Golkar 30 Tahun, Dipecat Anaknya

Munas adalah forum tertinggi di Partai Golkar. Salah satunya adalah penentuan ketua umum partai definitif.

Rapimnas dan Munas telah disepakati dalam rapat pleno Partai Golkar yang digelar di Kantor DPP Partai Golkar, Selasa, 13 Agustus 2024 malam ini.

Bahlil soal Jatah Menteri untuk Golkar: Tunggu Tanggal Mainnya

"Tadi di dalam rapat pleno sudah diputuskan, sudah disepakati bahwa Rapimnas insya Allah akan kita selenggarakan pada tanggal 20 Agustus yang akan datang," kata Agus kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat.

Agus menyebut, Rapimnas Partai Golkar akan digelar pada 20 Agustus 2024 pada pagi hari. Kemudian, pada malam harinya dilanjutkan dengan pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar.

Kabar Prabowo Bertemu Megawati Sebelum 20 Oktober, Elite Golkar: Esensinya Saya Dukung

"20 Agustus kita rencanakan pembukaan Rapimnas di pagi hari. Kemudian malam harinya, 20 Agustus malam kita rencanakan agenda pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar yang juga disepakati dan diputuskan akan digelar di Jakarta," jelas AGK.

Agus Gumiwang jadi Plt Ketum Golkar

Sebelumnya diberitakan, Partai Golkar rampung menggelar rapat pleno untuk menentukan Pelaksana tugas atau Plt ketua umum partai pengganti Airlangga Hartarto pada Selasa, 13 Agustus 2024 malam. Rapat pleno berlangsung sekitar 1,5 jam. 

Ketua DPP Partai Golkar, Meutya Hafid mengatakan dalam rapat pleno tersebut jajaran partai menerima surat pengunduran diri dari Airlangga Hartarto. Kemudian, dalam rapat pleno itu juga menyepakati bahwa Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar.

"Rapat pleno telah mengesahkan Plt Ketua Umum adalah yang terhormat Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita," kata Meutya kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa, 13 Agustus 2024.

Sementara Agus Gumiwang mengatakan, pleno partai berlangsung dengan musyawarah mufakat, untuk memintanya menjadi Plt Ketum Golkar menggantikan Airlangga.

"Bahwa dalam rapat pleno yang baru saja selesai secara musyawarah dan mufakat, saya diberikan amanah untuk memimpin Partai Golkar sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar," kata Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya