Agus Gumiwang Dipilih Secara Musyawarah jadi Plt Ketum Partai Golkar Gantikan Airlangga

Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Partai Golkar rampung menggelar rapat pleno untuk menentukan Pelaksana tugas  atau Plt ketua umum partai pengganti Airlangga Hartarto pada Selasa, 13 Agustus 2024 malam. Rapat pleno berlangsung sekitar 1,5 jam. 

Maju Pilkada Kalbar, Ria Norsan: Bayangkan Bapaknya Mengabdi di Golkar 30 Tahun, Dipecat Anaknya

Ketua DPP Partai Golkar, Meutya Hafid mengatakan dalam rapat pleno tersebut jajaran partai menerima surat pengunduran diri dari Airlangga Hartarto. Kemudian, dalam rapat pleno itu juga menyepakati bahwa Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar.

"Rapat pleno telah mengesahkan Plt Ketua Umum adalah yang terhormat Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita," kata Meutya kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa, 13 Agustus 2024.

Bahlil soal Jatah Menteri untuk Golkar: Tunggu Tanggal Mainnya

Sementara Agus Gumiwang mengatakan, pleno partai berlangsung dengan musyawarah mufakat, untuk memintanya menjadi Plt Ketum Golkar menggantikan Airlangga.

"Bahwa dalam rapat pleno yang baru saja selesai secara musyawarah dan mufakat, saya diberikan amanah untuk memimpin Partai Golkar sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar," kata Agus.

Kabar Prabowo Bertemu Megawati Sebelum 20 Oktober, Elite Golkar: Esensinya Saya Dukung

Airlangga Mundur dari Ketum Golkar 

[dok. Airlangga Hartarto]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Sebelumnya diberitakan, Airlangga Hartarto, menyatakan mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Walau pada Pemilu 2024 ini, suara Golkar naik signifikan. Dalam video yang diterima, Airlangga menjelaskan bahwa dirinya mengundurkan diri untuk menjaga keutuhan Partai Golkar.

Dia menjelaskan, untuk menjaga transisi pemerintahan yang tidak lama lagi akan terjadi, maka dia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ketua umum. Secara resmi, Airlangga mundu pada Sabtu malam 10 Agustus 2024.

"Saya Airlangga Hartarto setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan bismillahirohmanirrohim serta atas petunjuk Tuhan yang maha besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebaga Ketua Umum DPP Partai Golkar," jelas Airlangga, Minggu 11 Agustus 2024.

"Pengunduran ini terhitung sejak semalam yaitu Sabtu 10 Agustus 2024,".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya