PKB Bakal Umumkan Calon yang Diusung di Pilkada Jakarta 23 Agustus 2024

Wasekjen PKB, Syaiful Huda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan akan mengumumkan calon yang diusung dalam Pilkada Jakarta pada 23 Agustus 2024 mendatang. 

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB, Syaiful Huda memastikan pengumuman itu akan dilaksanakan sebelum Muktamar PKB digelar. Adapun Muktamar PKB dijadwalkan akan berlangsung pada 24-25 Agustus 2024. 

"Sudah, semoga tanggal 23-an semoga ya semoga ya," ujar Huda kepada wartawan di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2024.

RK Targetkan Menangi Pilkada Jakarta Satu Putaran: Jangan Menang Tipis

Di sisi lain, Huda mengaku partainya belum memutuskan apakah akan mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Ia juga tidak bisa memastikan apakah PKB justru menutup pintu untuk calonkan Anies.  "Belum kita putuskan, tapi DPW sudah mengusulkan," kata dia. 

Wasekjen PKB, Syaiful Huda di acara Musyarawah Kerja Nasional (Mukernas) PKB di JCC, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juli 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Viral! Aksi Bagi-bagi Uang dan Stiker Bergambar Bacalon Bupati Tangerang

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid mengatakan partainya masih melihat dinamika politik terkait kans untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Jazilul mengakui, usulan DPW PKB DKI Jakarta untuk mengusung Anies Baswedan awalnya berjalan mulus. Namun, cuacanya, kata dia mengalami perubahan.

"Bukan menarik dukungan, artinya usulan dari DPW PKB DKI belum mulus. Awalnya kan mulus sekali, ternyata cuaca menunjukkan perubahan," kata Jazilul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, dikutip Selasa, 13 Agustus 2024.

Meski demikian, Jazilul menyebutkan, pihaknya masih berupaya membangun komitmen dengan partai lain, seperti Gerindra. Termasuk dalam menyampaikan usulan nama Anies yang datang dari DPW PKB Jakarta.

"Makanya kita berupaya juga kan menyampaikan ke Partai Gerindra, apa yang menjadi usulan DPW DKI. Kalau Partai Gerindranya oke, ya kami oke," ujarnya.

Diketahui, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dukungan tersebut disampaikan melalui surat rekomendasi yang dibacakan pimpinan PKB Jakarta.

"Maka pada hari ini, Rabu 12 Juni 2024, kami menyatakan dukungan kepada nama Anies Rasyid Baswedan, untuk calon sebagai gubernur Jakarta periode 2024-2029," kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas di kantor DPW PKB Jakarta, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu, 12 Juni 2024.

Hasbiallah mengatakan, usai keputusan itu, PKB Jakarta meminta jajarannya untuk total memenangkan mantan calon presiden tersebut. Menurutnya, langkah politik dukung Anies penting untuk masa depan Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya