Mekeng Yakin Plt Ketum Golkar Tak Utak-atik Pencalonan Pilkada 2024

 Politikus Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng
Sumber :
  • VIVA.co.id / Foe Peace

Jakarta, VIVA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng memastikan pelaksana tugas (Plt) ketua umum Partai Golkar, pengganti Airlangga Hartarto, tak akan sembarangan mengutak-atik rekomendasi pencalonan kepala daerah di Pilkada Serentak 2024.

Ketua Komisi II DPR Sebut UU Pemilu Perlu Direvisi untuk Penyempurnaan

Kendati, ungkap Mekeng, Plt Ketum memiliki wewenang untuk mengubah rekomendasi dukungan kepada calon kepala daerah yang maju di Pilkada 2024.

"Ya berwenang tapi dia tidak akan sembarangan menggunakan kewenangannya," kata Mekeng dihubungi wartawan, Selasa, 13 Agustus 2024.

DPR Sepakati Pilkada Ulang 2025 Jika Kotak Kosong Menang

Ketua Komisi XI DPR RI, Melcias Markus Mekeng (F-PG)

Photo :

Mekeng mengatakan, pengunduran diri Airlangga dari Ketum Golkar tidak akan mempengaruhi persiapan partai menghadapi Pilkada 2024. Apalagi, kata mantan Ketua Banggar DPR itu, sebagian besar tahapan sudah berjalan sehingga kemungkinan mengganggu pencalonan sangat kecil.

Ade Sumardi Terancam Gagal Maju Pilgub Banten, Airin Bisa Jomblo

"Saya nggak yakin rekomendasi Pilkada akan di-utak-atik lagi karena waktu pendaftaran tidak lama lagi," kata Mekeng.

Lebih lanjut, Mekeng mengingatkan agar Plt Ketum Golkar terpilih untuk fokus menjalankan roda organisasi dan mempersiapkan Munas. Dia juga berharap Plt Ketum diterima semua pihak.

"Plt Ketum hanya menjalankan roda organisasi sambil mempersiapkan Munas. Semua kader pantas jadi Plt Ketum selama memenuhi syarat dan bisa diterima semua pihak," imbuhnya.

Diketahui, DPP Partai Golkar akan menggelar rapat pleno di kantor DPP Partai Golkar, pada hari ini. Salah satu agenda rapat pleno ini adalah memilih dan menetapkan pelaksana tugas (Plt) ketua umum Partai Golkar pasca Airlangga Hartarto mengundurkan diri dari jabatan ketum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya