Idrus Marham: Bahlil Memenuhi Syarat Jadi Ketua Umum Golkar

Ketua Dewan Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham dalam konferensi pers di kawasan Matraman, Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Ketua Dewan Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham mendukung Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjadi ketua umum (ketum) Partai Golkar. Hal itu diungkap Idrus pasca Airlangga Hartarto menyatakan mundur sebagai ketum partai berlambang pohon beringin tersebut.

Minister: EV Battery Raw Material Factory Can Boost Morowali's Economy

"Ya saya dukung Bahlil karena saya tahu, itu adik saya dan saya tahu dia," kata Idrus dalam konferensi pers di kawasan Matraman, Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2024.

Idrus mengatakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk menjadi calon ketua umum Partai Golkar yaitu pernah menjadi pengurus DPP selama satu periode ataupun satu tingkat di bawahnya yaitu DPD 1 Partai Golkar di daerah manapun. 

Pemerintah Bakal Revisi Aturan Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Benefit Akan Naik

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Photo :
  • YouTube Kementerian Investasi - BKPM

Bahlil kata dia memenuhi syarat mutlak tersebut. Sebab, Bahlil pernah menduduki jabatan sebagai bendahara DPD 1 Partai Golkar Provinsi Papua.

Kapan Pembatasan BBM Subsidi Diberlakukan? Menteri Bahlil Ungkap Kabar Terbaru

"Nah Bahlil itu pada saat saya jadi sekjen dan ketua umumnya ya Aburizal Bakrie itu menjabat sebagai, pernah kita SK-kan sebagai bendahara DPD 1 Partai Golkar Provinsi Papua. Ini jadi memenuhi syarat," ucapnya.

"Ya saudara Bahlil memenuhi syarat ya secara organisatoris seperti itu," sambung Idrus.

Bahkan, kata Idrus, Bahlil merupakan kader plus. Sebab, dia bukan hanya berkiprah di Partai Golkar tapi juga turut menjadi pengusaha, pimpinan organisasi lain hingga kini menjadi Menteri Investasi.

"Kita berterima kasih dong kalau Misalkan Pak Jokowi menghargai kader Golkar yang namanya Bahlil, tidak atas nama Golkar tetapi karena kemampuan individu, kompetensi dirinya, kan kita terima kasih," pungkas Idrus.

Airlangga Mundur dari Ketum Golkar 

Sebelumnya diberitakan, Airlangga Hartarto, menyatakan mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Walau pada Pemilu 2024 ini, suara Golkar naik signifikan. Dalam video yang diterima, Airlangga menjelaskan bahwa dirinya mengundurkan diri untuk menjaga keutuhan Partai Golkar.

Dia menjelaskan, untuk menjaga transisi pemerintahan yang tidak lama lagi akan terjadi, maka dia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ketua umum. Secara resmi, Airlangga mundu pada Sabtu malam 10 Agustus 2024.

"Saya Airlangga Hartarto setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan bismillahirohmanirrohim serta atas petunjuk Tuhan yang maha besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebaga Ketua Umum DPP Partai Golkar," jelas Airlangga, Minggu 11 Agustus 2024.

"Pengunduran ini terhitung sejak semalam yaitu Sabtu 10 Agustus 2024,".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya